Image

Dear good eaters,

Dua kalimat terakhir yang menolong saya. Terima kasih, mas Gun! Semoga Allah pantaskan saya untuk bisa menjadi pendamping yang qurata a’yun, yang sami’na wa atha’na, pendamping yang bisa me-recharge semangat berkebaikan, pendamping yang bersabar dalam taat. Semoga Allah melindungi kamu, Gen.

Advertisements
Image

People’s criticisms will not take away from them. People’s praise will not add to you. It will not. At the end of the day, when people get praised and criticism from others all the time, you know what starts happening? They start getting affected by it. This is why we have Allah’s words; and that will help us see ourselves for who we really, truly are. 

Don’t be so hard on yourself.

Wa ma ‘ind Allah khayrun wa abqa (Al Shura: 36)– what Allah has in His possesion is better. The word ma, Allah is saying, ‘I dont want to tell you what I have yet.’ there is something Allah has in His possesion and it’s better. It hasn’t been given to you yet. – ust. Nouman Ali Khan

.

What i want to share, every experience in life is something you can benefit from. Even for the bad one. There was some good in it that Allah put over you even though you may not able to see.

.

You are not alone 🙂 Allahu qayyum!

#puttinglifeinperspective #quranperspective #learning #doinggood #islam #noumanalikhan #life

Image

Katanya, terkadang berat untuk menghapus kecewa, sedangkan luas kasih-Nya berlimpah tak terkira. Bukankah hanya kebaikan yang akan menggiring indah skenario-Nya?

Tanamkan pikiran bukan kamu yang bisa merubahnya, tapi Allah lah yang berkuasa. Lepas. Pun jika tali digenggam terlalu erat akan menyakiti tangan kita kan?

#selftalk #broken #energize #aliensjournal

Image

“Sekarang kita dapat ilmu dari mana aja gampang ya, tapi kita susah untuk practice what you preach.” Itu komentar teman setelah aku share apa yang didapat dr kajian ustad Nouman beberapa hari lalu.

.

That’s life dan itu normal. Kita akan menemukan banyak kondisi struggle, ntah struggle terhadap lingkungan, keluarga atau diri sendiri. Boleh merasa sedih diri ini susah untuk berubah baik, tapi jangan sampai nyerah untuk melakukan kebaikan. Dont underestimate good deeds, dan jangan mengotak-ngotakan kebiasaan seseorang dengan keimanan seseorang.

.

Perjalanan yang sangat personal dimana cuma ada diri sendiri dan Tuhan itu perjalanan spiritual. Yang lainnya kemana? Orang-orang cuma jadi fasilitator mereka gak ada keharusan untuk mengintervensi, mereka hanya pengingat bukan pendikte.

.

Jangan pernah memandang perempuan berkerudung tapi masih pakai jeans itu imannya cetek, atau laki-laki hobi nongkrong main skateboard itu gak kenal Tuhan. Beberapa muslimah minder karena merasa buruk dari muslimah lainnya karena muslimah itu tidak pandai melihat bahwa temannya sedang berproses. Pandai-pandailah menempatkan sesuatu. Karena ada yang bilang, sumber utama keimanan seseorang adalah pengalaman hidupnya. Kita gak ada urusan dengan keimanan seseorang.

.

Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya (An Najm: 39)

.

Sekarang kita sering membicarakan tentang si penggiat dan si pemimpi, kalau aku, aku akan sangat mengapresiasi bagi si pencoba. Semangat! Kamu gak sendirian.

.

Ingat ini: mau kamu lakukan atau tidak lalukan, orang-orang pasti akan mengomentari, dengan cara diam-diam sekalipun.

#empower #tryer #doer #muslimah #pursuitoftruth #kebenaranhakiki #belajarbareng #dontbejudgemental #Aliensjournal

Image

Jangan meremehkan rasa khawatirmu.

Syariat memberikan pilihan, maka sabar itu juga pilihan. Ketika pilihan itu adalah pilihan pahit yang jika bertemu dan berkumpul saling menyakiti satu sama lain maka berpisah itulah sabar.

Gen, sabar itu bukan diam tanpa melakukan apapun, bukan juga hanya menahan emosi tapi juga tentang memutuskan sesuatu yang merusak pikiran, yang menghalangi datangnya keberkahan Allah, yang menjauhkan kita dari ridhoNya. 

Jangan takut.

Takutlah ketika kamu melepas itu kamu malah tidak kembali pada-Nya.

.

.

#selftalking #muhasabah #sabr #thealchemist #recommendedbook #paulocoelho #aliensjournal

Image


I have found that physical exercise can be very beneficial. Everytime I do exercise like workout even for 15- 45 minutes, zumba or cardio dance, I always feel relax. I love dynamic movement.

And everyone says that exercise can help you from anxiety, fear, or stress.

.

Doctor says, a common physical response to anxiety is the release of cortisol in our body. Cortisol is a hormone produced by the adrenal glands. It regulates blood pressure and the body’s use of fats, carbohydrates and proteins. Many experts refer to it as the “stress hormone” because cortisol secretion increases during stressful situations. Excessive cortisol in the system also suppresses the immune system, making it difficult to fight off diseases, viruses and sicknesses.

.

Exercise is a very effective means for reducing adrenaline and cortisol levels in the body.

.

We are created as dynamic creature. Thats why Allah command us to do solat with some movement to stretch our muscles then to make us at peace.

I recommend you to try exercise too. It benefits not only for reduce anxiety but also to reduce weight, keep the fat away, help to get solid sleep and increase imune system.

.

Try this at home. I swear, you will addicted to get sweat. :))

#exercise #zumba #fitness #fitdance #stretching #geniscondition #Aliensjournal

Image

Allah berfirman pada Al Mulk: 15, Huwallazi jaala lakumul ardha dzalulan famsyu fi mana kibiha wa kulu mirizqih waillaihinnusyur.

.

Allah menciptakan bumi dzalulan: mudah (humble) untukmu. Karena gak selalu bumi ini tenang, terkadang ada badai, ada goncangan yang menyebabkan gempa. 

Btw kita diciptakan dari bumi (tanah) tapi kita seringnya gak bersikap humble padanya, apa kita ingin bumi berbuat seperti kita berbuat padanya?

Allah menciptakan bumi itu mudah/jinak untuk kebaikan kita dan mengingatkan kita sharusnya kita bersikap yang sama.

Kenapa? Karena arti dzalulan sebenarnya adalah extremely humble. Klo mazlul artinya humble yang biasa. Dgn kata lain, Allah juga menciptakan bumi bisa menjadi luar biasa ganas (extremely violent).

.

Famsyu maknanya, lalu teruskanlah dan berjalan.

.

Fi manakibiha artinya pergilah kesudut-sudut yang berbeda

.

Nakaba berarti pergilah melewati medan yang sulit dan pergilah yang jauh. Kalau kata adal artinya pergi untuk melihat hal-hal baru.

.

Ini jg bisa diartikan manusia bisa menjelajahi bumi manapun sampai ke dalam-dalamnya dan temukan sumber daya. Ada banyak hal di dalam bumi.

.

Selain itu yang juga sangat menarik, ada mutiara tersembunyi dalam Al Quran, Allah mengatakan beberapa hal berbeda seperti mengembara, berjalan, bergegas, berlari dari hidupmu.

.

Berjalan artinya ada tujuan di depan. Dan kata berikutnya kulu mi rizqih, yang artinya 

Allah meminta mu untuk menjelajahi bumi dan mendapatkan rezeki darinya, temukan pekerjaan. Keadaan berjalan berarti tidak ditentukan seberapa cepat atau lambat yang penting mendekati tujuan.

.

Beda halnya dengan kata Saa, yang artinya berlari kepada sesuatu. Kamu gak bisa hanya mengembara dan berjalan, tapi kamu bergegas, kamu berlari. Dan untuk mendapatkan upaya dalam melakukan sesuatu (kata lainnya sa’i).

.

Selanjutnya kata rizqih artinya rizki yang didedikasikan hanya untuk mu.

Lalu yang terakhir, waillaihi nusyur: kepada Allah kamu kembali.

.

Wallahu alam.

Temukan hal-hal yang membuatmu bertumbuh seperti bumi ini diciptakan untuk memberikan manfaat.

.

Kajian ini dari Deep Look surat Al Mulk oleh ust Nouman Ali Khan, Bayyinah institute. 

#amazedbythequran #favoriteayat #noumanalikhan