(Bicara Buku) Cat Stories by James Herriot

Judul: Cat Stories
Penulis: James Herriot
Alih bahasa: Jia Effendie
Ilustrasi: Widiyanto
Penerbit: Gramedia
Tahun: 2012

Buku ini mengisahkan tentang beberapa kucing. Sorry gw gak menemukan buku dengan judul yg sama di Path. Di Path adanya Storie Di Gatti, i gatti itu artinya bentuk plural dari female, berbeda dgn buku yg gw baca. Ada 8 kisah kucing yang diceritakan tetapi gak semuanya betina.
James Herriot seorang dokter hewan yang semasa hidupnya besar bersama banyak kucing di Irlandia dan kucinglah yang menjadikan motivasinya untuk sekolah kedokteran hewan.
Ada Alfred kucing toko permen yang setia menemani majikannya menjajakan permen ditoko kecil sampai akhirnya dia sakit, menjadi kurus dan gak nafsu makan. Ternyata ada semacam gundukan bulu didalam tubuhnya. Dengan tangan profesional Herriot, bulu itu bisa dibuang dan Alfred bisa duduk tegak gagah menemani majikannya lagi.
Ada Oscar si kucing sosialita, yang tetiba datang ke rumah Herriot, dipelihara. Tapi ada kejadian unik yang menjadi hobi si kucing. Tiap menjelang malam dia menghilang, dan setiap ditemukan orang dia sedang asik berada ditengah2 pertemuan. Terkadang di gereja terkadang di perkumpulan ibu-ibu. Apapun asal ditengah gathering orang-orang yg asik berdiskusi. Oscar hanya duduk menyimak. Lucu ya.
Ada Boris, kucing yang paling bandel diantara kucing-kucing peternakan lain. Paling nggak bisa diam, mengacau dan matanya memancarkan kebencian terhadap orang baru.
Ada Olly dan Ginny, dua kucing betina yang akhirnya dipelihara Helen, Istri Herriot. Tapi lucunya, dua kucing ini tidak mau dipelihara dalam rumah. Disini ada benarnya juga kalau pertemanan dengan kucing hanya sebatas pertemanan perut. Mereka datang kalau lapar. Hehe. Tapi gak kok. Kalau kita bisa menciptakan kenyamanan pd mereka, bisa jadi teman yang setia. Seperti Emily kucing betina milik seorang kakek yang tinggal sendiri. Emily sempat mengalami sekarat karena ternyata baby kucing yang ada dikandungannya telah tumbuh besar dalam rahim. Disini gw takjub dengan Herriot dia tahu kalau ada yang gak beres sama kehamilan Emily, mau gak mau Emily di cesar dibelek rahimnya.
Ada Moses, ada Frisk. Dan terakhir Buster, kucing penangkap. Jelas jarang ada kucing yang bisa disuruh menangkap sesuatu dan mengembalikannya seperti anjing.

Dalam cerita-cerita pendek tentang kucing ini, buat gw ingat dengan kucing2 yg pernah gw pelihara. Mereka semua punya karakter masing2. Ada yang hobi ini dan itu, suka makan ini itu, kebiasaan yang lucu. Dari buku ini kita bisa tahu kalau erat hubungannya kucing dan majikan, mereka bisa saling mentransfer emosi. Tingkah laku kucing juga bisa bikin kita bahagia sendiri. Dan gw merasa gak sendirian jika Herriot sempat frustasi karena dimusuhi Olly dan Ginny, gw sempat jealous dengan Manich istri kucing gw, Hooki. Agak gila rasanya. Dulu waktu Manich dirumah dan mengandung Masha Misha Haru dan Hura (sekarang tinggal Masha dan Haru) gw anti kasih makan Manich. Padahal ibu hamil. Hehe cemburu aja adek gw Hooki (jantan) yang tadinya apa-apa teteh jadi apa-apa Manich.
Dari buku ini, gw bisa merasakan kesedihan ditinggal mati kucing, mengkhawatirkan kehamilan kucing, karena gw pernah mengalaminya.
Yang gw kurang suka, Herriot selalu menawarkan sterilisasi kucing betina ke klien-klien nya. Gw masih belum tega untuk membuat kucing betina gw gak bisa hamil. Rasanya seperti mengambil rahim sendiri. 😦
Buku ini bisa buat gw senyum-senyum bahkan sedih. Karena Ginny mati, karena tumor otak. Gimana coba gw ngerti kalo ada kucing sakit. Sediih mereka gak bisa bicara, merengek, mereka cuma bisa diam dan gak mau makan.
Berharap bisa tetap bersama mereka jika gw bisa tinggal di surga. Jatuh cinta.

Reading Storie di gatti by James Herriot

View on Path

Advertisements

Aliens’ Journal : Meow

Dear you,

This is Masha, the fatty kitten i got from my gentle cat, Hookie. About 2 months old.

As you know, I love cat so much. We have different statement about cat, you don’t like it becasue in your culture cat is animal of ill omen. There’s dark magic in cat you said. For me they are so lovely. I know, we can not be friends, dogs do. But I feel homie if see them.

You know, Masha is one of my family favorite. Beside he’s verryyy cute, he’s also good at taking picture. You can see on picture above. He’s different with his other siblings, Misha and Haru. He likes to play alone, only has one mimic, and quite. I never heard his sound so far.

When he was just 2 weeks, he could not walk well like others. His back legs could not stand properly. But today he’s verryyy active. I called him, ‘ndut’. Ndut in Indonesia is like fatty~

What do you think, is he looks so adorable? He can be a super model in Cat Fashion show. I will tell you if I already know his sex, female or male.

Feel free to give your comment after see my Masha~!!

there’s no one cuter than cat

Salam^^,

Makin hari makin galau semenjak kurang lebih 2 minggu ini kehilangan kucing kesayangan. Hooki namanya, jantan. udah gw pelihara dari 2 tahun lalu. Ada beberapa hal yang bikin dia hilang, 1) karena mama dan papa udah nggak sayang lagi sama dia, karena dia juga sih yang nakal, berantem mulu, pup sembarangan, bikin rusak sofa  rumah, jadi dia nggak boleh lagi main di dalam rumah 2) waktu itu gw lagi sering sibuk sama tugas, jadi jarang kasih makan dia 3) semenjak asisten rumah tangga gw ga balik dari mudik, ga ada lagi yang sering masak ikan, dirumah jadi makan seadanya yang bukan untuk kucing 4) dia marah mungkin sama sikap orang rumah.

Di mana pun, Ke mana pun dia, gw berharap dia baik-baik aja, masih sehat, gemuk, dan ganteng kayak di foto ini.

Dan ini, ada tanda di sebelah lubang hidungnya.^^

kalau ternyata dia dipelihara sama majikan baru, semoga dia bisa lebih hidup enak. tapi gw masih tetep pengen dia balik ke rumah. kalau buruknya, ternyata dia mati, semoga dia nggak marah sama gw dan keluarga gw nanti kalau ketemu di surga… gw bilang kayak gini karena sejak punya hooki, gw udah jadiin dia bagian dari keluarga gw, si bungsu. Okay, i’m crying now.

Baik-baik ya Hooki, kalau inget teteh, pulang~~~~~ teteh kangen! 규.규

Humming Urban Stereo (feat As One) – xoxo. di MV ini ada kucingnya, inget Hooki~~