[Bicara Buku] Modern Romance by Aziz Ansari

“Sebenarnya nggak mau terlalu tau soal beginian, tapi kita juga gak bisa terlalu innocent,” itu kata-kataku saat bikin status Whatsapp ttg buku ini dan ada yang nanyain ini buku apa. Bertahun-tahun setelah kejadian raibnya Tanya dalam relationship yang singkat dikehidupan Aziz, akhirnya dia membuat research tentang how milennials find their soulmate karena realitanya anak jaman sekarang percaya soal soulmate, bukan sekedar spouse. Haha. We all have Tanya in our phone yang tiba-tiba raib tanpa kabar setelah berjam-jam kita nungguin balesan SMS/WA-nya. Ya kaaan? Ngaku hey chitchatters… This book deals about Online Dating. Tapi dikemas dengan gaya humornya Aziz. Jadi buku Sociology Science yang sangat casual. Kita bisa tahu dengan perkembangan romansa jaman sekarang yang gampang banget bilang cinta dan suka kebanyak orang. Yang mudah banget kirim pesan teasing dan flirting padahal belum tentu itu serius. Atau sampai tentang s*xting, macam-macam adultary yang tercipta dari satu aksi yaitu CHATTING! 

Banyak pelajaran tentang how social media and the Internet are introducing all kinds of new options into social and romantic life. And while it’s exciting, sometimes even exhilarating, to have more choices, it’s not necessarily making life easier. Dan nemu satu interviewee nya Aziz bilang “nobody playing tinder bcoz they look for something they play it bcoz they want to have fun.” i agree with that. I really still confuse with this romance phenomenon. Padahal secanggih apapun algoritma itu me-matching kan kita dgn dia tetap hati dan otak kita lebih berhak untuk menentukan apa dia baik/gak. 

Buku ini agak bebas menjabarkan banyak hal ttg kebarat-baratan yang bikin aku WOW, segitunya kah? Dan aku bersyukur tidak menjadi bagian dari mereka. Karena dlm buku ini seperti ngasih tahu, online dating itu awalnya aja yang bikin fun selanjutnya anxiety dan dread. Nah lho. So… Buat yang masih mencari, sudahlah coba lihat sekeliling kalian jangan-jangan sudah ada yang berani sayang cuma karena situ unvalue relationship egonya digedein, kesempatan itu jadi hilang. Im going to buy this copy next month. Agaknya bagus untuk aset anak cucu kelak. #bookish #instabook #bookreview

Advertisements

[Bicara Buku] Tentang Kamu by Tere Liye

“Selalu menyenangkan punya seseorang yang menunggu di rumah.” ini nasihat Eric untuk Zaman saat perjalanan mereka dari London ke Paris untuk menyelesaikan kasus Harta Warisan Sri Ningsih. 

Penggalanan nasihat itu membuat aku tersenyum, dari seluruh kalimat yang ditulis Bang Darwis yang sangat quotable, nasihat ini yang paling membekas. Sejatinya kita hidup untuk pulang kan? 

2/3 dari isi buku ini yang punya 520-an halaman adalah tentang kehidupan Sri Ningsih, klien Zaman yang keturunan Indonesia, memiliki paspor Inggris yang punya harta peninggalan bisa menandingi harta kekayaan Ratu Inggris. Untunglah Sri Ningsih ini karakter fiksi, karena kita akan sulit percaya dia bisa bertahan hidup dengan kemalangan yang bertubi-tubi. Tapi saya tetap salut dan hormat bahkan malu dengan karakter fiksi ini. Tentang Kamu adalah buku tentang bagaimana memaafkan dengan tetap melihat bahwa hari ini dan esok akan terus berjalan. Adalah buku tentang membenarkan kalimat cinta datang bersama tanggung jawab. Adalah buku tentang lakukan saja selanjutnya lupakan. Bagaimana seorang perempuan bertahun-tahun tinggal sendiri, setiap orang yang disayang dan menyayanginya pergi. Jadi jangan lenjeh dengan kejomblooan yang belum menemukan titik cerahnya, Gen.

Ah Ibu Sri Ningsih ini, terlalu banyak dari sifatnya yang perlu diambil sebagai contoh. 

Pun Bang Darwis menuliskan kisah memilukan agar kita bisa melihat lewat kacamata kebaikan. Biarpun ikut merasakan pilu tapi dalam satu waktu bisa mengembalikan semangat. Mengquote Sri Ningsih: jika kita gagal 1000x maka pastikan kita bisa bangkit 1001x. 

Aku melihat menariknya laki-laki saat sedang jatuh cinta, aku melihat kebaikan selalu melahirkan cinta, aku melihat diatas segalanya Tuhan selalu ada. Dan benarlah, jujur adalah ciri-cirinya orang beriman. 

Ada bagian yang menjadi hipotesa Eric saat obrolannya dengan Zaman di atas pesawat jet yang sangat menarik. Baiklah, baca saja bukunya. Larut dalam kisah Sri Ningsih seharian biarpun dengan kepala masih pening tapi gak menghalangi ku untuk berteriak “horeee” di dalam kamar karena saking terpukaunya dengan skenario Bang Darwis untuk kisah ini. 

#bookish #instabook #bookreview

[Bicara Buku] Angan Senja Senyum Pagi

Tentang perasaan yang lama tertahan, 17 tahun, antara Angan Senja dan Senyum Pagi. Kisah cinta pertama untuk si anak olimpiade Matematika Angan dengan si gadis pembuat onar Pagi. Angan yang tak pernah merasa memiliki teman disatukan oleh takdir mengenal Pagi yang tak pernah punya teman baik seperti Angan. Karena mimpi masa depan Angan, membuat Pagi mengambil keputusan untuk mundur. Dan terpisah jarak.

Ini kisah tetang Musik yang bisa berjalan bersama Matematika. Ini kisah tentang setiap orang memiliki jalan kisah cinta bahagianya sendiri-sendiri asal mereka mau mengambil kesempatannya.

Ini tentang perasaan yang pura-pura ditahan pura-pura tidak ada. Dan kepura-puraan pasti akan terungkap, cepat atau lambat. Menambah daftar panjang buku dengan tema friendzone. *sigh

Terima kasih bang @fahdpahdepie selalu melihat kejujuran ditulisan bang Fadh. Dan terlihat yang menulis pasti orang baik… Sukses bang!

Story speaks to us all.

How books can steal my attention without fear it will steal my life. Coz my life can not be stole with something can water myself with knowledge and wisdom.

.

My saturday

#aliensjournal #bookish #baca #bukabuku #geniscondition #booklover #harukimurakami

Belajar Sabar

BELAJAR SABAR

.

Ingat Al Kahfi berarti ingat kisah Nabi Musa yang berkali-kali gagal mengerti maksud tindakan gurunya (yang kata beberapa Ulama namanya Nabi Khidr) donk.

.

Berkali-kali Nabi Musa dibilang, “kan kamu gak sabaran…” lalu siapa kita? Kalau sekaliber Nabi Musa aja juga susah untuk bersabar. Akhirnya Nabi Musa mundur dan bilang, “yaudah kamu tidak perlu jadi mentorku lagi.”

.

Dalam kisah ini kita belajar:

1. Belajar sabar itu bukan dari baca quotes, baca buku, dengar cerita orang tapi seperti Nabi Musa, belajar sabarnya dari pengalaman. Bahwa masalah yang kamu hadapi akan membawa kebaikan untukmu.

2. Terkadang bersabar itu tentang take a step back, menerima hal yang sudah terjadi dan serahkan sisanya ke Allah.

.

Jangan dipikir kita mundur dari suatu problem berarti kita gak mau membenahi, mungkin yang salah itu diri kita sendiri maka mundurlah cara yang terbaik saat itu, untuk mengoreksi. Dari pada bertahan disitu lalu akan timbul hal yang malah membuat runyam.

.

Tenang, kalau kamu gak sabaran, kalau kamu agak bebel, kalau kamu susah dibilangin, asal kamu menerima itu semua dan tidak mencela kembali, tidak merasa paling benar dan mau membenahi diri nanti Allah kasih sesuatu yang dari situ kamu sadar, oh ini.. Allah mau ngajarin aku hal ini. Gak apa-apa Nabi Musa gak sabaran juga kok, dan gak langsung paham maksud dari satu urusan…

.

Maka mundur bukan baper, mundur bukan marah, mundur juga bukan memutus silaturahmi, mundur adalah terapi yang baik untuk kita menyendiri, berkepompong lalu menetas menjadi kupu-kupu. Bertemu lagi ditengah hamparan bunga untuk saling melengkapi untuk mengepakkan keindahan dan kebaikan lagi.

.

Okay ujungnya agak failed ya. Kenapa jadi kupu-kupu 😝 begitulah.

Wallahu alam

🎥 Khutbah Jumat Ustad Nouman Ali Khan Live di Facebook.

#sabr #patient #noumanalikhan #bayyinahtv #khutbah #islam #MusaAlaihisalam

Image

Katanya, terkadang berat untuk menghapus kecewa, sedangkan luas kasih-Nya berlimpah tak terkira. Bukankah hanya kebaikan yang akan menggiring indah skenario-Nya?

Tanamkan pikiran bukan kamu yang bisa merubahnya, tapi Allah lah yang berkuasa. Lepas. Pun jika tali digenggam terlalu erat akan menyakiti tangan kita kan?

#selftalk #broken #energize #aliensjournal

Image

“Sekarang kita dapat ilmu dari mana aja gampang ya, tapi kita susah untuk practice what you preach.” Itu komentar teman setelah aku share apa yang didapat dr kajian ustad Nouman beberapa hari lalu.

.

That’s life dan itu normal. Kita akan menemukan banyak kondisi struggle, ntah struggle terhadap lingkungan, keluarga atau diri sendiri. Boleh merasa sedih diri ini susah untuk berubah baik, tapi jangan sampai nyerah untuk melakukan kebaikan. Dont underestimate good deeds, dan jangan mengotak-ngotakan kebiasaan seseorang dengan keimanan seseorang.

.

Perjalanan yang sangat personal dimana cuma ada diri sendiri dan Tuhan itu perjalanan spiritual. Yang lainnya kemana? Orang-orang cuma jadi fasilitator mereka gak ada keharusan untuk mengintervensi, mereka hanya pengingat bukan pendikte.

.

Jangan pernah memandang perempuan berkerudung tapi masih pakai jeans itu imannya cetek, atau laki-laki hobi nongkrong main skateboard itu gak kenal Tuhan. Beberapa muslimah minder karena merasa buruk dari muslimah lainnya karena muslimah itu tidak pandai melihat bahwa temannya sedang berproses. Pandai-pandailah menempatkan sesuatu. Karena ada yang bilang, sumber utama keimanan seseorang adalah pengalaman hidupnya. Kita gak ada urusan dengan keimanan seseorang.

.

Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya (An Najm: 39)

.

Sekarang kita sering membicarakan tentang si penggiat dan si pemimpi, kalau aku, aku akan sangat mengapresiasi bagi si pencoba. Semangat! Kamu gak sendirian.

.

Ingat ini: mau kamu lakukan atau tidak lalukan, orang-orang pasti akan mengomentari, dengan cara diam-diam sekalipun.

#empower #tryer #doer #muslimah #pursuitoftruth #kebenaranhakiki #belajarbareng #dontbejudgemental #Aliensjournal