#Aliensjournal: Brownies Nutella Kitkat

Dear Good Eaters,

Pernah gw mention tentang kukingklas yang gw ikuti kan sebelumnya? Kelas masak yang harus bisa selalu terjaga dari isi postingan grup karena siapa tau isinya tentang bukaan kelas baru. Yap, Kukingklas Cikgu Imel ini cuma terima murid 10 orang di tiap kelasnya. Untuk belakangan ini kelas suka dibuka sendiri sama murid-murid, istilahnya seorang yang kepingin belajar satu masakan iseng buka pendaftaran kelas dengan waktu yang ditentukan sendiri (bisa weekend untuk reguler class atau weekdays utuk private class) dan tinggal tunggu approval dari Cikgu kelas jadi dibuka atau gak.

Kelas kali ini juga atas keisengan salah satu teman yang kepingin banget belajar bikin Brownies. Hemmm Brownies Cikgu Imel itu super duper enak dan gak enekin deh. Rasanya itu bikin baper karena nggak mau ilang dari ingatan, apalagi kalau udah kangen segala macam lagu galau bisa keputar diotak, haha lebay. Alhamdulillah gw bisa dapet kelas Brownies ini.

Brownies dan segala macam masakan yang dibuat Cikgu Imel itu biasanya menggunakan bahan-bahan yang bisa dibilang premium dan harus HALAL. Karena harga nggak bisa bohong, mahal sih bahannya tapi rasanya bisa sekelas Harvest Cake bahkan lebih. Senangnya kelas kali ini kita dibagi jadi 3 kelompok, satu kelompok 4 orang so kita dikasih kesempatan untuk buat Browniesnya sendiri. yay.
Bahan:

  • 145 gr unsalted butter
  • 175 gr gula pasir
  • 65 gr coklat bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 70 gr tepung terigu
  • 40 gr chocolate chip

Note:

unsalted butter jangan diganti mentega ya karena asin dan jadinya basah. Merek yang gw pakai Anchor. Gula pasir minimal 150 gram, kurang dari itu gak akan berasa manisnya. Kalau lebih dari 175gr too sweet karena nanti akan gw tambah chocolate chip. Coklat bubuknya merek African Red Elmer, ini premium punya. Tepung terigunya yang Segitiga Biru. Chocolate Chip jangan yang mengkilat ya karena tidak akan meleleh, bisa pakai yang merek Cholata atau Tulip. Ukuran telur yang sedang ke besar.

Topping:

  • Nutella
  • Kitkat bar
  • Chucky Bar
  • Toblerone

Note:

Kalau mau pakai toblerone, dimasukan dalam adonan setelah setengah matang, karena kalau dari awal toblerone akan meleleh.

Menuju mantu ideal

Buatnya simple banget. Panaskan oven disuhu 165 dercel. Masukan mentega, gula, garam dan coklat bubuk kedalam wajan berdasar tebal. Pakai wajan anti gosong. Panaskan dengan api sedang. Aduk sesekali sampai mentega meleleh dan licin, jangan sampai mendidih butternya, ketika butter tinggal sedikit matikan api dan aduk rata saja, kalau gak begitu adonan jadi basah dan bantet. Lalu biarkan hangat.
Aduk dengan sendok kayu/spatula. Tambahkan telur satu persatu. Aduk dengan kuat karena kalau tidak, telur akan berubah menjadi telur matang berkerak, tidak nge-blend dengan adonan. Ketika adonan mulai mengental, masukan terigu dan aduk sampai betul-betul tercampur. Aduk lebih dari 40 kali adukan. Adonan akan menjadi mengental baru masukan chocolate chips. Tuang ke dalam loyang dan tata kitkat diatasnya.

Kelas Inspirasi Jomblo Positif (nggak semuanya jomblo sih haha)

Panggang selama 20 menit, keluarkan lalu beri topeng nutella dengan menggunakan plastik segitiga. Lanjutkan memanggang selama +/- 10-15 menit. Dinginkan lalu keluarkan dari loyang.

Note:

Loyang yang digunakan ukuran 30x10x4 untuk bahan ini yang telah diolesi minyak. Beberapa oven memerlukan pemanggangan 10 menit lebih lama, jadi sangat dianjurkan untuk meperhatikan tingkat kematangan. Ini jadi pelajaran gw karena awalnya matang tidak merata, belum lagi oven gw itu heat atasnya terlalu over-act hahaha, jadi kitkat berubah agak mem-brulee (grindil menghitam gitu). Cara untuk tahu sudah matang sempurna atau belum, ambil sumpit/garpu, kemudian adonan ditusuk jika ditarik adonan masih ada yang menempel berarti belum matang sempurna. Untuk dapat irisan rapi, masukan brownies ke freezer selama 10 menit.

Yay, selesai deh. Dan ini super enak banget. Doakan bisa jadi ladang amal dan rezeki ya guys. Daripada beli di Bakery Store yang gak jelas halal haramnya mending sama ane. :)) Kapan mampir ke rumah atau bisa dikontak email gw untuk icip-icip brownies yang gw buat.

Mommy mommy super untuk daddy daddy super

Sebenarnya kami juga dapat kelas tambahan membuat Almond Crispy tapi resep masih dirahasiakan, kalau mau bisa buat join aja kelasnya. Dikasih fotonya dulu aja kali ya. Kalau mau beli di ane juga lah… Promote mode on.

Almond Twille

Sepenuhnya resep dibuat oleh Cigku Imel dari Kukingklas.

Advertisements

#Aliensjournal: Sisters to Jannah

Dear you, 

Perkenalkan ini kakak-kakak peri gw. Yang genap satu tahun kami berteman karena Allah. Tepat malam tahun baru lalu di masjid BI bareng Hain, Kak Di, Kak Icha, Kak Cimeg untuk bermalam yang akhirnya buat grup supaya saling share tentang agama Islam. 

Tiga kakak peri yang satu Kang Cat super duper ceria kalau kemana-mana, Chiki Fawzi. Yang satu Kang Yoga yang senang berfilosofi tentang meditasi, Kak Uci. Yang Satu Kang baper yang sama bunyi pewangi ruangan aja ngira di suitin cowok, Kak Cimeg. Haha. Maaf yang Kang Kang. Lha. 

Bareng mereka hidup gw berwarna. Tingkah mereka suka bikin geleng-geleng tapi lovely. Tiga orang ini yang pertama kali gw temuin di Tahun 2017. 

Semoga kita bebas jomblo ya tahun ini. Dan bisa menuju pelaminan. Kejombloan adalah isu yang sangat hangat tapi itulah yang mempersatukan kita. 

Senang bareng mereka bisa saling menguatkan. Dan mereka-mereka ini kakak-kakak volunteer yang bisa merubah hari jadi gak ada tuh baper-baperan yang ada cuma berkarya. 

Alhamdulillah bisa jalan bareng kalian ya. Semoga bisa full team di itikaf selanjutnya. 

Nb: tinggal tunggu grup Brother to Jannah. Brader-brader yang berkumpul jg karena Allah. Siap-siap tahun 2017 pecah telor. Akan punya brader kitaaaa. aamiin.

#Aliensjournal: Oh Genis

Dear you,

Ini kebahagian yang dirangkum Instagram selama 2016. Tidak mewakili semua kehidupan gw pada tahun itu tapi baiklah coba gw bahas. 

Matcha Cream Brulee, icip-icip makanan masih tetap menjadi bagian dari hobi gw. Tapi di tahun 2017 gw berniat untuk menguranginya. Ada yang lebih menjadi prioritas gw kemana penghasilan gw harus dihabiskan. 

ENCORE! Tahun 2016 tahunnya kami jarang kumpul, semua sudah sibuk kerja belum lagi Shinta tinggal di Aussie. Jadi momen terbaik untuk kami saat itu, dan merekalah teman icip-icip gw. Adik-adik kesayangan gw.

Ada 2 momen bersama mama disana. Beliau room-mate gw yang setiap harinya tidur bareng gw. Yang paling sabar di hari-hari gw. Dan gw semakin cinta beliau. Karena beliau satu-satunya yang sayangnya unconditionally ke gw.

Foto bersama G(A)DIS gw, kami pun jarang sekali bepergian bareng tahun ini. Weekend selalu salah satu atau semuanya sibuk dengan kegiatan masing-masing. Ah gw akan selalu ingin momen ini ada. Karena mereka yang gw punya. Hanya mereka. Senang, kami sudah bisa duduk bersama, makan bersama dengan pembahasan tentang Allah. Memiliki orang-orang yang selalu membuat kalian mengingat Tuhan itu anugerah. Pegang terus. 

Monas 212. SubhanaAllah. Semoga Indonesia memiliki pemimpin yang bersinergi dengan rakyatnya untuk tetap mengesakan Tuhan. Indah banget momen solat Jumat saat itu. Biarpun ada unsur politik tapi kedamaian tergambar disitu. Allah menyaksikan kalian.

Sudah lama berhenti lari pagi di UI. Eh markas Gordon dan Power Ranger jadi pilihan Instagram. Hello. Mungkin akan gw ingat momen ini yang diambil dengan orang kesayangan. 

Terakhir, fotoku bersama gurunda Nouman Ali Khan dan berdiri di bawah twin tower waktu kunjunganku ke Kuala Lumpur November lalu. Syukur. Ini suatu yang ada diluar ekspektasi. Semoga ilmu yang didapat malam itu bisa aku praktekan. Semangat menjadi people of action ya Genis. Bagaimana menjadi Muslim seharusnya. :))

Yang terbaik untuk 2017. Semoga air mata dan rasa gundah di 2016 terbayar di 2017. Aku ingin bersama kekasih Allah. Orang-orang yang Allah sayang.

My Brain #9

​➡ 소울 메이트 

➡ 어장관리

➡ 움러

➡ 서울과 일본 갈게

➡ 결혼 

➡ 흥미로운 책 

➡ 특별한 사람을 만날 

➡ 운전 면허증 조리 

➡ 소설을 쓰고 스토리 텔링 

➡ 당신과 함께합니다

Mimpi #13

Dear you,

Suara Ustad Nouman terngiang ditelinga gw, ustad punya ciri dan nada kalau reciting Quran. Di mimpi beliau baca surat Al Insyirah. Gak tau ya maksudnya apa. Surat favorite banyak orang termasuk gw. 

Apa mungkin gw diminta kencengin bersyukurnya? Jadi ingat sama kajian Ustad Salim A Fillah yang sempat gw catat.

Hanya Allah yang tahu maksud dari mimpi kali ini. Semoga yang baik-baik.