#Aliensjournal: Penat dengan Broadcast

Dear you,

Setelah pemberitaan siapa menista apa, lalu siapa dukung siapa, siapa berpihak kemana, muncul pemberitaan tentang bakal kemana negara ini. Ada artikel yang bilang negara ini dijual lah atau negara ini krisis identitas atau pemimpinnya boneka. Whatever. Gak terlalu jadi pikiran walaupun kepikiran juga kalau seandainya semua artikel yang berisikan kekhawatiran itu benar terjadi.

Ditengah postingan itu dan teman-teman segrup berkomentar. Aku malah kepikiran tentang 2 ayat favorite Rasul saat solat rawatib Subuh. Jadi pernah dengar kajian, Rasul suka baca surat Al Kafirun di rakaat pertama dan surat Al Ikhlas di rakaat kedua saat solat rawatib qabliyah Subuh. Ntah kepikiran aja pasti ada kenapanya itu jadi favorite Rasul. Dan setelahnya teman digrup diam gak ada yang komentar lagi. Haha maaf ya jadi pemecah suasana. 

Lalu seminggu setelah pemikiran random gw itu, barusan teman satu grup ngasih link tentang faedahnya 2 surat favorite Rasul itu, Al Ikhlas dan Al Kafirun. Seperti memperjelas kontemplasi yang pernah terlintas di otak. Bahwa, kedua surat tersebut mengajarkan prinsip-prinsip tauhid. Tentang apa saja yang harus kita yakini tentang Allah dan bahwa kita diminta untuk worshiping Him Only not else. Dan kepada siapa kita harus loyal dan nggak. Dengan penutup surat, lakum dinukum waliya deen, untuk mu agamamu dan untukku agamaku. Baca selengkapnya disini.

Bukannya solat itu tujuannya untuk mengingat Allah, Gen? Benar kata gurunda-gurunda kalau mau lebih bermakna solatnya, kita harus paham arti bacaan-bacaan solat. Mungkin surat ini juga surat favorite kalian karena ayatnya sedikit. Ternyata dibalik sedikitnya ayat itu maknanya dalem. Tentang tauhid. Dan tauhid ini yang seharusnya mengakar di diri kita sebagai muslim.

Yuk berfastabiqul khairat.

Wallahualam bishawaf. 

Advertisements

Go Stare at the Camel

Salaam,

Ini entah ya kenapa meluap-luap kepingin ditulis di blog ini. Awalnya karena liat tulisan teman yang tiba-tiba padahal di grup lagi gak bahas apa yang dia tulis. 

Bingung sih hubungan guyonan sama go stare at the Camel dan potongan ayat 20 surat Al Ghasyiyah itu. Sampai gw nulis ini, gw gak dapet guyonan apa yang dimaksud. Yang gw tangkep malah makna kalau kita menatap si unta kita bakal amazed sama Tuhan Semesta Alam ini yang Menciptakan unta. 

Mas Shafiq mengkaitkan dengan viralnya telolet di sosmed yang gak ada juntrungnya, gak ada manfaatnya cuma jadi bahan cekakak cekikik. Padahal kan kita tau banyak ketawa akan mematikan hati. 

Tapi dari tulisan yang tiba-tiba karena Mas Shafiq gerah sama kelakuan orang-orang yang nyebut telolet gak ada henti-hentinya, dibahas dimana-mana. Gw jadi tau tentang si unta.

Unta itu salah satu hewan yang disebut Allah di beberapa ayat, gak cuma satu atau dua kali tapi banyak. Dan penggambaran unta sama Allah sebagai hewan yang kuat dan banyak manfaat. Bayangin unta kulitnya gak setebal badak, badannya juga ga sebesar gajah tapi doi kuat banget bertahan hidup di padang pasir yang terik dan kering. Doi bisa menempuh perjalanan 80kilo tanpa makan dan minum selama 5 hari. Unta juga bisa dimakan, susu unta juga bisa di minum. Unta ini yang jadi tunggangan Nabi dan sahabat kemana-mana. Mekah dan Madinah antaranya kan dulu daratan tok jarang pohon. Masha Allah banget ya. Belum lagi unta disebut hewan yang kuat dan penyabar juga penurut. Biarpun badannya besar tinggi, tapi kalau disuruh duduk mereka duduk. Disuruh jalan, mereka jalan. Bahkan disuruh sama anak kecilpun nurut. Bisa baca juga disini.

Go stare at the camel (mungkin) dimaksudkan untuk ngapain lah lo heboh-heboh ngomongin yang gak jelas. Mending liat tuh unta, perhatikan bagaimana dia diciptakan. Lo bakal nemuin bahwa Allah itu Maha Segalanya. 
Kalo kata mas Shafiq, jadikan unta sebagai reminder betapa Agungnya Allah itu. 

Obrolan yang seketika karen popped up di pikiran mas Shafiq ini. Ngingetin gw sama kajian ustad NAK tentang kita harus jadi orang yang selalu bisa melihat kondisi untuk merefleksikan diri dan merefleksikan kebesaran Allah. Lupa judul kajiannya. Intinya ustad NAK cerita pas beliau naik mobil melintasi tol dengan kecepatan tinggi, ngingetin dia ke ayat Allah yang stated kalau manusia itu sukanya tergesa-gesa. 

Kalau kata mbak Rudhi, sesuatu yang dimention Allah di Quran pasti ada ‘sesuatu.’ 

Senang deh jadi punya kesibukan dari pada sibuk nyari tau apa itu telolet dan dari mana asalnya. Mending jadi kepoin gimana Allah nyiptain unta. 
Tau gak ternyata unta itu jalannya beda dari hewan berkaki 4 lainnya. Mereka jalan seperti robot, kaki kanan dan tangan kanan diayunkan bareng baru kaki kiri dan tangan kiri. Cara seperti ini yang bisa memberikan sensasi seperti naik perahu kalau kita duduk di punuknya. Uwaaa komawo mas Shafiq pikiran randomnya bermanfaat buat gw. 

Senang banget deh ada ditengah-tengah orang yang ujung-ujungnya ngobrolin agama Allah. Lets explore about our deen guys !!

#Aliensjournal: Mudah Menerima Nasihat

Dear you, 

Ketika Musa dipanggil untuk menghadap Firaun bukan sabar yang dia pinta, tapi doa: “rabbisrahli sadri wayassirli amri wakhlul ukdatam milisani yafqohu qowli.” Musa meminta dilampangkan dadanya dan dilancarkan lisannya. Supaya ketika menerima suatu perintah, nasihat, cibiran, komentar atau apapun itu yang datang dari Firaun dapat dicerna dengan pikiran yang tenang. Jika hati tenang maka yang akan keluar dari mulutnya pun sesuatu yang mendamaikan dan apa yang terpikirkan bisa baik tersampaikan. 

Waktu itu berbulan-bulan lalu janjian sama teman yang lebih muda, baru masuk kerja. Kita ngalor ngidul cerita karena bertahun-tahun gak ketemu. Sampai akhirnya aku tau apa yang lagi dirisaukan dia dan aku coba untuk kasih masukan. Sekilas seperti hanya ingin memberi komentar supaya percakapan kami ada flownya, tapi percaya deh. Caring is my dutty. Gak tau kenapa rasanya seperti kepingin orang-orang sekelilingku itu punya pemikiran untuk melihat sesuatu dari banyak sisi. Dan alhamdulillah ternyata hari ini dia japri dan mengabarkan kalau obrolan kami gak sia-sia waktu itu. 

Bersamailah diri dengan orang-orang yang mudah menerima nasihat karena hati yang sukar menerima akan sulit diperbaiki. 

Semoga Allah membersamai dirimu~

#AliensJournal: Kukingklas Perdana

Dear you,

Enaknya weekend diisi hal-hal yang bisa melupakan kepenatan kerja di 5 hari sebelumnya ya. Berhubung dari tahun kemarin niat cari tempat les masak khusus pastry dapatnya hari kerja terus, eh ini diajak teman untuk gabung ke kursus masak yang menunya kebanyakan makanan yang manis-manis. Cocok sesuai selera. Cuslah biarpun jauh harus ke Bogor.

Kebetulan masih single juga, jadi bisa kemana-mana. Kelas kukingklas selalu mulai jam 9 pagi, karena sesinya itu icip sarapan bareng, masak bareng dan maksi bareng. Kalau dipikir-pikir ini kelas yang intinya hap lahap bareng deh.

Letaknya di perumahan Villa Bogor Indah daerah Cilebut, caranya untuk ikut kelas ini gabung dulu di grup WA nya, tiap akhir bulan akan diumumkan 3-4 kelas yang dibuka untuk bulan berikutnya. Tiap kelas hanya ada quota 10 orang, jadi cepat-cepat pesan kursi. Harga yang ditawarkan itu beragam tergantung kelasnya masak apa. Range-nya 100-250ribu. Berebutan kursi kelas ini yang seru, karena anggota grup sudah lebih dari 50 orang dan gak semuanya stand by dengan WA nya, apalagi mayoritas ibi-ibu. Ini pun pas daftar saat aku lagi diatas ojek. Untung pulsa handphone ku masih ada, jadi waktu dibilang siapa cepat transfer. Aku buru-buru gunakan jempol amatirku untuk transfer uang les. Haha. 😂 Kelas selalu diadakan tiap Sabtu tapi ada juga kelas dibuka untuk 3-5orang (private) yang bisa dilakukan di weekdays, bisa pagi bisa malam tergantung waktunya bu guru. 

Nah kelas perdanaku langsung menunya yang se-level internasional, Opera Cake. Gimana gak tambah mupeng beli alat-alat masak karena ternyata untuk buat kue setara kue-kue Harvest bisa dibuat sendiri. 

Sebelum aku bagikan beberapa coretan di catatanku, aku mau menyimpulkan bahwa 

  1. masak itu butuh kepercayaan diri yang cukup, kalau feeling awal ogah-ogahan dan ngeri jadi bantet (kue gak mengembang dan kurang set), bisa benar bantet. 
  2. Dan bahan-bahan yang digunakan juga bisa menjadi pengaruh keberhasilan rasa. 

Opera Cake

Kalau pernah beli di Harvest pasti tau Opera Cake itu identik sama almond yang ada crunchy-nya, kue yang banyak layer dan ada coklat glossy dibagian paling atas. Jadi Opera Cake itu terdiri dari:

1. Jaconde Cake

Cake sponge, yang dibuat 3 layer seukuran round 22 cm. Almond jadi ciri khas Opera Cake dan disini pakai almond bubuk maximal 200gr kalau mau lebih berasa almond nya. Bahan-bahan untuk buat Jaconde cake ini dimix sampai mengembang, cirinya gelembung berkurang dan bahan adonan jika selesai dimix akan jatuh lama (kental). Tepung yang digunakan bagusnya Segitiga Biru katanya. Disini menggunakan emulsifer yang sponge 80. Margarine yang digunakan yang Royal Pamia. Cara menyairan margarine itu separuh cair langsung angkat jangan sampai mendidih. Ketika memanggang api bawah oven yang digunakan. 15 menit sebelum memasukan loyang, oven sudah dinyalakan. 

2. Simple Syrup

Ini untuk ngebasahin Jaconde cake saat proses penumpukan cake-cake. Simple syrup ini yang bikin cake gak bisa bertahan terlalu lama, paling dimakan seminggu dan harus disimpan dalam kulkas. Bahan simple syrup biasanya air dan gula pasir cuma untuk Opera Cake dicampur kopi instant. 

3. Ganache Cream

Ini bagian dark coklatnya, yang dipakai kemarin merek Cholata Elmer, Tulip juga boleh. Ini penggabungan blok coklat dan whipped cream yang ditim. Kalau beli Whipped cream baiknya dalam kondisi beku atau dingin dan harus langsung masuk kulkas terus jgn dibiarkan di suhu ruang. 

Baru tau cara tim:
Bejana air tim tidak lebih besar dari bejana coklat yang dicairkan. Dan matikan api saat air mendidih, so kalau coklat belum meleleh sempurna kita duk aja sampai meleleh. 

Selama ini kalau tim sesuatu pasti bejana yang ada airnya yang nempel sama api lebih besar ya 😂.

4. Butter Cream Kopi

Yang ini gunakan pasta mocca. Bisa pakai yang butter cream siap pakai ada yang bikin butter cream sendiri. Yang mana aja. 

Gelatin bercap halal

5. Topping Mirror
Nah ini bagian paling atas dari Opera Cake yang kalau kita makan digado, dia itu bagian yang glossy dan agak kenyal. Terdiri dari coklat blok, whipped cream dan gelatin. Gelatin yang digunakan gelatin sapi bubuk, sebelum dimasukan ke bahan lain, 1 sdt gelatin bubuk dicairkan di air biasa sebanyak 50cc jangan air panas ya karena nanti susah ngebland dengan air dan bahan lain. 

Disusun-susun semua bahan sebelum masuk ke kulkas

Untuk resep fullnya maaf gak aku share ya, kita bisa cari resep di website lain. So far semua Opera Cake bahannya sama. Dan jangan lupa setelah disusun cakenya, dimasukan ke dalam kulkas sampai set selama 2 jam.
Hasilnya gak kalah enak lho sama yang dijual dengan harga wow sama Toko Kue yang berjejeran di sepanjang Jl. Margonda hehehe. Halal lagi tanpa rum dan gelatin dari babi. Senang bisa gabung dengan ibu-ibu ini, fixed membuat aku makin semangat untuk minta seserahannya berupa alat-alat masak. Toh itu juga untuk suami ya karena memang kepinginnya bisa buat roti sendiri atau cake sendiri, supaya gak perlu ragu kehalalannya. Maklum anaknya lebih suka ngemil yang manis. 

Anggota yang berhasil rebutan kelas Opera Cake

Sampai jumpa di kukingklas minggu depan. 👐

#Aliensjournal: Kumpulan Pikiran

​Caranya kamu menyayangiku sblm kita mnjadi halal itu kamu bertumbuh mnjadi lbh takwa, berbuat baik dgn niat yg baik.

Ust nuzul dzikri: 2poin pnting memilih pasangan itu qt suka 1.agamanya 2.karakteristiknya. 

Ust khalid basalamah: carilah yg mmbuat tentram

Personality over everything.

Cari yg kelakuannya baguer dr sblm nikah, gak suka hore2, pembelajar, gak main2 sm cewe/cowo, gak boong.

Karena karakteristik dan kebiasaan saat sblm nikah itu berulang ketika setelah nikah. Maka istikharahlah sungguh2 ktika mnentukan. :))

Biarlah Allah yg membimbing. Gak ada yg trlambat utk berubah baik. Jk nikah adlh prioritasmu, lakukanlah prbaikan. Saat sendiri/bersama2.

Ingat ktika ada org yg mnyakitimu/km merasa trsakiti dgn kata2&kelakuannya, fixed itu brsumber dr dirimu sendiri dr dosamu sendiri…

I got one lesson frm my bestie: dont be in hurry coz everything takes time. 

I jst want to be w you in jannah, Rasulullah.

Sorry, ive wronged myself. With my ettitude and words, my bad ideas and thought. Indeed, my worst enemy is my own self. #Astaghfirullah

Sejatinya perubahan itu apa2 yang menuju kebaikan.

Kenali dirimu, cari itu pada Sumbernya. Perbaiki relationship dgn Tuhan br temukan aku.

Dan aku jg berusaha utk begitu. Im not pious cuma kpingin nerapin kt papanya tmn, ‘berkah itu dr nikmat yg direm.’

Nikmat identik dgn nafsu

Meracau pagi kali ini, fixed dosanya banyak. Makanya hatinya gelisah. Serba salah.

Im currently reading Modern Romance by Aziz Ansari. I learned, texting can make you addict to be fake. You will hv two characters.

Jgn heran apa yg kalian muliakan itu yg akan diuji. Ustad Salim bilang hal itu terjadi karena Allah Maha Pecemburu.

When you already found someone who can make u at ease. Hold on. Find Allah with istikharah. Ask Him to be able to read the sign.

In Surah Arrum: marriage is to provide you peace. So choosing the right one, one you like in character, deen and appearance. InshaAllah.

Tentukan prioritas. Selamat bertumbuh!

Semoga kita bertemu dengan hati-hati yang tulus. Bukan yg dusta. Dan orang-orang yang berhati-hati bukan yang lupa. #selftalking

Gen gini: Aku tenang krn apa yg bukan jd takdirku dia akan hilang, apa yg menjadi takdirku dia akan tinggal. 

– Amirul Mukminin Umar

Nikahilah laki-laki yg mau menerima nasihat. Kata seseorang. 

Krn jk hatinya keras mnerima perbaikan maka tak dpt dperbaiki. Nauzubillah.

I summarize what i learned.:)) jgn terlalu dipikirkan racauannya. Murni untuk diri sendiri. 

Alien’s Journal: Ajaran Pop #1

Dear you,

Mengenang almarhum Pop yang pikirannya super visioner.Aku belajar dari beliau, mimpilah setinggi-tingginya tapi tetap harus realistis. Buat misi supaya bisa sampai kesana. Pop selalu bilang jadilah muslim yang kaya, tapi kekayaan itu bukan untuk dipamer, itu sebagai tools supaya bisa ibadah dengan nyaman dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

Kelebihannya jadi orang kaya:

  1. Sedekah tanpa memikirkan kebutuhan kita. Zakat. Qurban. Berbisnis dengan Allah.
  2. Kalau punya uang lebih, beli mobil/motor, supaya bisa dipakai untuk mengunjungi saudara. Saat lebaran bisa dipakai untuk mudik.
  3. Punya rumah sendiri, yang didalamnya ada banyak buku untuk dibaca, ruang untuk ibadah khusu’, kamar-kamar yang nyaman dan dapur yang ‘besar’ untuk bisa buat ini itu saat menjamu tamu.
  4. Anak-anak di sekolahkan di tempat yang baik, diberi bekal untuk belajar agama  selain dari dalam rumah, bisa explore hobinya dengan ikut course.
  5. Umroh bahkan pergi haji dengan fasilitas yang bisa memberikan kenyamanan saat ibadah disana.

Pop bilang, mimpilah di level tertinggi, kalau tidak dapat, bisa dapat level di bawahnya. Daripada mimpi sudah dibatas-batasi pasti dapatnya juga terbatas. Aku selalu ingin berpikir positif, bersama orang-orang positif. Semoga.

Pop bukan dari anak orang kaya dan gak pernah sok kaya. Tapi Pop selalu berpesan jangan bergantung kepada siapapun kecuali keluarga inti (Ibu, Ayah, Kakak/Adik), apalagi sampai berhutang. Baik berupa uang maupun jasa. Pop selalu membolehkan aku untuk sedikit foya-foya kalau memang ada rezeki lebih, dia tidak pernah melarang aku dan keluarga untuk makan direstoran mahal, tapi itu harus halal dan ada moment spesial disana. Pop gak melarang aku beli baju mahal, asal itu memang diperlukan. Pop gak pernah melarang apapun untuk kebaikan. Bahkan Pop bilang, ‘kalau kamu ingin punya mobil mewah, silahkan asal itu dari uang halal jerih payahmu’.

Pesan Pop yang ingin aku perjuangkan:

  1. Punya investasi, karena inflasi itu nyata dan gak akan ada habisnya. Lewat Sapi, Emas atau dolar.
  2. Punya tabungan pensiun, karena sudah pasti kita akan ada di stage dimana kita gak bisa lagi terus jadi pekerja. (done)
  3. Kalau sudah menikah, jangan tinggal di rumah orang tua. setidak mampunya beli rumah baru, kontrak saja. Tapi lebih baik beli rumah dulu.
  4. Jangan sering ke mall, jangan menggampangkan menghibur anak dengan pergi ke mall. Pergi ke mall jika perlu dan penting, atau untuk menikmati moment spesial.
  5. Jangan kelihatan seperti orang tidak mampu, jangan berhutang.
  6. Bantulah yayasan anak yatim, sekolah agama (pesantren), dan masjid.

Semoga Pop diberi naungan terindah di sana. Semoga keturunan Pop semua masuk surga. Karena kata Rasul, pada akhirnya kita berhimpun bersama orang-orang yang kita cintai. Allahualam.

PS. kamu bisa berusaha untuk menjadi partner ku memperjuangkan keinginan pop? Aku ingin punya Pop lagi.

[Bicara Buku] Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team

image

Dear you,
Nggak sesuai sama espektasi gw yang berharap Lenggogeni akan menulis lebih banyak tentang ‘how’, tips dan cara mengurus anak, mendidik mereka dan lebih dalam tentang parenting. Tapi buku ini cukup menarik menggambarkan bagaimana bersyukurnya seorang ibu dapat mengurus kesemua anak yang berjumlah sebelas orang dengan karakter dan kegemaran yang berbeda, juga bagaimana berterima kasihnya seorang istri memiliki suami yang kooperatif.
Buku ini kurang menjelaskan parentingnya, Geni menceritakan masing-masing anaknya, sekilas tentang persalinan masing-masing dan apa-apa saja yang menjadi nilai plus dari mereka.
Yang bisa gw tarik kesimpulan dari cerita Geni tentang keluarga bahagianya ini tentang:
1. Peran Ayah yang bisa dengan baik menjadi partner rumah tangga ibu. Bagaimana hidup akan lebih dirahmati jika mengetahui apa tujuan dari rumah tangga. Dengan pasangan yang tidak hanya room-mate, body-mate tapi juga soul-mate menjalankan hidup sesuai dengan tujuan bersama.
2. Menanamkan pehaman tentang ketuhanan. Geni dan suami menomor satukan pendidikan mengenai Tauhid. Fondasi yang mereka bangun kepada anak-anak adalah Agama, yang ujung-ujungnya Allah. Bagaimana nggak terharu, memiliki anak yang berbakat lagi mengerti bahwa semua terjadi di dunia atas izin-Nya atas bantuan-Nya atas anugerah-Nya.
3. Keluarga layaknya institusi. Dimana didalamnya ada pemimpin, pengikut dan program. Mereka menjadikan semua momen dan tempat adalah pelajaran. Mereka men-set kehidupan ini seperti game dengan berbagai perlombaan. Programnya bisa eksternal seperti traveling, internal seperti pembinaan insan yang lebih materil.
Dengan buku ini gw makin yakin dengan konsep jodoh kalau jodoh itu ada karena dua hal 1) tujuan yang sama 2) restu orang tua. Bukan jodoh hanya karena sifat dan karakter yang sama, bukan semata hanya yang baik akan bertemu yang baik. Membaca buku ini juga bikin was-was apa masih ada di diri ini sosok ibu yang mau bercengkrama yang mau bersusah payah untuk anak dan apa masih ada dari dirinya sosok ayah yang memimpin seluruh anggotanya untuk istiqomah bersama meraih kesuksesan akhirat dan dunia secara bersamaan.
Hemmm, semoga lelaki yang baik akan selalu belajar menjadi yang baik dan menjadikan Rasul sebagai panutannya.
Wallahualam. Semoga bermanfaat.