Mepet buat Visa Jepang Korea untuk PNS

Dear Good Eaters,

Karena saya orangnya termasuk deadliner, yang mengerjakan mepet waktu tenggang. Maka beginilah tipsnya.

Perlu diketahui, pasport akan ditahan selama proses pembuatan visa. 

Proses pembuatan visa Jepang, 4 hari kerja. Saya submit tanggal 30 Agustus 2017 dan visa diambil tanggal 05 September 2017. Sedangkan proses pembuatan visa Korea Selatan, 6 hari kerja (di luar tanggal pengajuan). Saya submit tanggal 06 September 2016 dan visa diambil tanggal 14 September 2016. 

Hasil Visa Jepang dan Korea Selatan

Alhamdulillah banget lho, padahal jadwal perjalanan wisata saya ke dua negara itu dimulai di tanggal 16 September 2017. Mepet banget kan? 

Tapi jangan khawatir. Ada yang harus dicek sebelum mengajukan visa Jepang dan Korea untuk kawan-kawan PNS. 

Visa Jepang

Sila lihat persyaratan disini.

Catatan untuk PNS

  • Kamu wajib menyertakan Surat Keterangan Kerja yang menyatakan kamu salah satu karyawan di lembaga pemerintahan dalam bahasa Inggris.
  • Kamu tidak wajib menyertakan fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir atau rekening koran tabungan 3 bulan terakhir. Kecuali kalau kamu suami/ayah yang membawa anak dan/atau istri di perjalanan kamu, maka kamu harus menyertakan setidaknya fotokopi itu. Karena kedubes ingin memastikan kamu bisa ‘hidup’ di Jepang bersama keluarga. Untuk visa Jepang tidak diwajibkan menyertakan Surat Referensi Bank. Untuk saldonya, anggap saja satu hari tinggal disana menghabiskan 1 juta rupiah maka pastikan saldo buku tabungan mengcover akomodasi perjalanan itu.
  • Perhatikan foto yang disyaratkan ya. Bisa cek gambar ini.
  • Untuk itinerary, kamu harus lengkapi dengan nama tempat wisata yang akan dikunjungi, jangan hanya: Day 1 Tokyo, Day 2 Disney Land, Day 3 Osaka.
  • Semua berkas harus berukuran A4.
  • Gak perlu lampirkan Akta Lahir dan Kartu Keluarga kalau kamu mengajukan visa untuk diri sendiri, kecuali membawa keluarga dalam perjalanan ke Jepang.

Sisanya tinggal ikuti yang disyaratkan pada web. Jujur, visa Jepang sangat mudah.

Visa Korea

Sila lihat persyaratan ini.

Atau blognya Ariev ini sangat membantu.

Catatan untuk PNS

  • Kamu wajib menyertakan Surat Keterangan Kerja yang menyatakan kamu salah satu karyawan di lembaga pemerintahan, dalam bahasa Inggris. Lampirkan juga fotokopi SK PNS kamu ya. SIUP tidak diwajibkan jika sudah menyertakan Surat Keterangan Kerja.
  • Wajib juga menyertakan SPT Tahunan dan Bukti Potong 1721 nya
  • Wajib menyertakan Surat Referensi Bank dan fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir yang dilegalisir bank atau rekening koran. Slip Gaji 3 bulan terakhir tidak perlu.
  • Jangan lupa menyertakan fotokopi Akta Lahir dan Kartu Keluarga
  • Agar lebih meyakinkan kalau kamu benar ingin pergi ke Korea Selatan lampirkan juga Bukti booking tiket pesawat dan hotel 

Sisanya sesuai dengan persyaratan pada web.

Untuk Visa Korea Selatan agak deg-degan juga. Dipikiran saya, saya harus lolos dalam pengajuan pertama jangan sampai ada yang kurang. Karena sebelum mengajukan saya coba cari di google persyaratan untuk visa Korea, semua pengalaman berbeda-beda. Tapi yang saya poinkan di atas itu yang saya lampirkan saat penyerahan berkas Visa ke Kedubes Korea Selatan. Dan overall kata petugas loket, sudah terpenuhi.

Kalau gak mau dapat sensasi ketar-ketir mikirin jadi liburan atau gak karena nungguin visa, mending pengajuan visa Korea Selatan dilakukan sebulan sebelum keberangkatan ya. Fyi, kalau di assesment oleh Travel Tour lama pembuatan visa itu 10 hari kerja. Jadi kalau bisa sendiri mah urus sendiri aja :))

Semoga bermanfaat. Dan selamat berlibur! 

18 thoughts on “Mepet buat Visa Jepang Korea untuk PNS

  1. halo kak, mau tnya, klo bikin Visa Korea Sendirian, HArus Datang ke Kantor yg dimana ya Kak? soalny liat di web kakntornya beda2. dan apakah akan dipersulit klo apply sendiri tanpa travel agent? makasih infonya kak

    • Pengajuan visa biasanya di Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) negara yang bersangkutan. Berarti kalau mau pengajuan visa Korea Selatan kamu bisa datang ke kedubes Korea Selatan di Jl. Gatsu Setia Budi Jaksel sebelah RS Medika. Apply dengan dibantu agent atau sendiri sama aja, keduanya perlu berkas lengkap, kalau gak lengkap pasti akan ditolak. Gak akan dipersulit kalau berkas persyaratannya lengkap kok. Bedanya cuma diharga dan lama prosesnya. Pakai agent biaya lebih mahal dan waktu beda 3 hari dari apply sendiri

  2. Nita says:

    Mbak, mau tanya, untuk surat keterangan kerja pns perlu dijelaskan gak mengenai kita pergi dengan biaya siapa dan kita pergi dr tgl brp sampai tgl berapa?

    • kalau kamu PNS, saldo dalam rekening tidak menjadi kewajiban untuk memiliki saldo berapa. tapi siapkan saldo dalam rekening sebesar biaya akomodasi selama dikorea, semisal sehari butuh 1.5juta (makan, transport, jajan, jalan2) dikalikan dengan lama kamu disana. itu sudah bisa dikatakan aman.

    • untuk apply visa jepang dan korea tidak terlalu diperhatikan sih mbak berapa minimal saldonya, saya waktu itu punya 20juta dlm tabungan yang saya lampirkan fotokopi bukunya di dalam berkas. yang penting saldo yang tercantum itu cukup untuk biaya hidup disana selama perjalanan. misal kalau dihitung2 butuh 1.5 juta/hari (untuk makan, jajan, trasnport, jalan2) tinggal dikalikan aja lamanya.

  3. Halo mba, sharing dong pengalaman pas minta surat pengalaman kerja dan ijin cuti ke instansi untuk liburan ke luar negeri 😀

    saya deg deg-an takut gak dibolehin atau ada aturan tertentu mengenai liburan ke luar negeri bagi pns 😦

    • Hai mba Sri Haryati, kalau aku langsung ke kepala kantor mbak. Soalnya saya sekretaris. tinggal bilang aja mau ke LN, mau wisata, dibawa casual aja mbak

  4. Rindu says:

    Hi mba genis, uyk SKK PNS apakah bisa kl atasan langsung, bukan kepala kantor? Agak ribet sptnya sy kl kepala kantor, haha? Kl SPT itu skrng kan kita sdh e-filling, skrng hanya ada bukti bahwa kita sdh lapor pajak via email, gmn ya?

    • Halo kak, thanks udah mampir. Sepertinya bisa surat keterangan ditanda tangani dgn atasan langsung yg terpenting kop surat dan nomor bukan tipu2 hehe. Utk bukti SPT tahunan efilling bisa dprint SPT nya di menu efilling nya kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s