#Aliensjournal: Japchae homemade

Dear you,

Alhamdulillah hari minggu ini bisa produktif. Another mission accomplished: buat japchae. Setelah nyokap komentar: kamu mau ke titan lagi? Mending buat dulu itu bihun Koreanya nanti keburu lupa malah expired terus kebuang. Haha namanya juga Genis, randomnya gak kelar-kelar. Gw kepingin buat Oreo pie with kiwi as topping (minggu depan inshaAllah ya ke Titan dulu), tapi kepingin punya wadah pie nya dulu. 😙 banyak kepinginnya terus mesti segera, masih penyakit gw. 

Japchae yang gw buat contekannya dari maangchi, the best banget deh ajuma satu itu kalau urusan masak-masak Korean food. Biarpun pada akhirnya gw subtitute sendiri bahannya karena males alias on budget kalau mesti ngikutin seasli-aslinya yang didapat dari Ranch Market, mihil sis. 

Bahan japchae itu gampang banget. Dan japchae itu mirip bibimbap (nasi campur) cuma yang ini nasinya diganti bihun korea (minsok dangmyeon). 

Bihun Korea didapat dari Mugunghwa Market

Yang wajib kalian harus punya, kecap asin dan minyak wijen. Masakan Korea gak bisa lepas dari dua bumbu ini. Untuk campurannya kalian siapin aja, 

  • bawang bombay dan daun bawang yang sudah ditumis dgn garam. 
  • Jamur merang putih yang dioseng-oseng dgn garam. Begitu juga wartel. 
  • Bayam yang kalian rebus dulu setelahnya ditiriskan lalu dicampur dengan aatu sendok teh minyak wijen dan kecap asin. Kalau gw, gw ganti dengan pokchay karena gw lebih suka sayuran ini. Suka bangettt.

Rebus bihun Korea

Rebus bihun koreanya, rebus gitu aja nggak perlu dicampur minyak atau garam seperti buat spaghetti. Setelah sudah dirasa chewy, sekitar 7-10 menit tiriskan. Lalu campur semua bahan sebelumnya, wortel dan kawan-kawan itu. 

Ohiya, Supaya lebih kenyang, siapkan daging sapi sebelum memulai acara masak-masak ini. Haha lupa. Kalau gw, gw ganti dengan daging ayam fillet. Campur daging dengan satu sendok teh minyak wijen dan kecap asin. Chopping bawang putih diaduk dulu baru simpan di kulkas.gw juga nyiapin telur sebelumnya, ajuma sih nyaranin egg yolk (kuning telur) aja, tapi karena takut putihnya mubazir jadi gw masak aja semua, didadar deh. 

Campur semua bahan. Diaduk pakai tangan lebih taste good. 😅

Ready semua bahan? Masukan ke dalam wadah, campur-campur semuanya. Jangan lupa ditambah satu sendok kecap asin, minyak wijen dan gula pasir (better pakai brown sugar). Ditambah bawang putih yang sudah diiris kecil-kecil tapi sebelumnya dikeprek dulu ya biar lbh tasty. Tambah juga merica bubuk. Dan biji wijen. Nah pelajarannya, better biji wijen disangrai dulu supaya lebih berasa, tadi gw main tumpahin aja ke wadah. Hehe.

Dan chachaaan! Siap disajikan deh. Rasanya itu manis-manis minyak wijen. Gw yang hobi mewijen-wijenkan makanan, sukaaaak banget Japchae ini. 😜 dihidangkan dengan sepiring kecil kimchi lebih kerasa Koreanya.

Japchae dan Kimchi yang (inshaAllah) dijamin halal.

Jalmeogesseumnida!! 🍝

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s