[Bicara Buku] The Giraffe and the Pelly and Me by Roald Dahl

Judul: The Giraffe and the Pelly and Me 

Penulis: Roald Dahl

Penerbit: Puffin books

Tahun: 2001

ISBN: 0-141-31127-4
Apa jadinya kalau seekor jerapah, seekor kera dan seekor burung pelikan bekerjasama membuat perusahaan pembersih jendela?
Kali ini kita akan berpetualan dengan Billy dan tiga teman ajaibnya. Diawali dari Billy yang penasaran dengan rumah kayu tua yang aneh tidak jauh dari rumahnya, mendekat dan mengintip lewat jendela. Rumah itu bekas toko permen. Setelah rumah itu berhasil dijual, rumah itu berubah mempunyai pintu yang tingginya bisa sepuluh kali tinggi Billy. Ternyata disana tinggallah jerapah, monyet dan burung pelikan. Mereka menamai diri mereka ‘Tukang Bersih-bersih Jendal’. Mereka berkongsi dengan nama Perseroan Pembersih Jendela Tanpa Tangga.
Dipertemuan pertama mereka, datanglah perintah dari Raja untuk meminta mereka membersihkan beratus-ratus kaca yang ada di Istana. Akhirnya Billy dijadikan manajer perseroan karena dia yang mengetahui dimana Istana berada. Awalnya Raja ragu dengan mereka, apakah bisa binatang jerapah, kera dan burung pelikan bisa membersihkan semua jendela-jendela, karena Istana Raja memilihi banyak tingkat. Jerapah bertugas menjadi tangga, butung pelikan menjadi wadah air menggunakan paruh besarnya dan kera yang akan membersihkan jendela dengan menaiki leher dan kepala jerapah.
Ditengah kesibukan mereka membersihkan jendela, kera melihat ada yang ganjil di dalam salah satu kamar, dilihatnya ada orang asing mengendap yang membawa pistol. ternyata, itu pencuri! Dengan keberanian burung pelikan, dia menghampiri pencuri dan memakannya. Dia diamkan pencuri di dalam paruhnya. setelah polisi datang, pencuri itu dikeluarkan dari paruh dan berlian-berlian yang dicurinya bisa didapatkan kembali.
Karena perbuatan baik Jerapah, Kera dan Burung Pelikan, mereka diberikan hadiah oleh Raja. Ketiga hewan itu sangat membutuhkan makanan, mereka kelaparan. Karena itu juga mereka bekerjasama menjadi tukang pembersih jendela, karena mereka butuh makan. Jerapah hanya bisa makan bunga-bunga yang tumbuh di taman Twinkle-twinkle. Kera hanya mau memakan walnut. Dan Burung pelikan sangat mendambakan salmon. Semua keinginan mereka dipenuhi oleh raja. Lalu apakah yang didapatkan Billy?
Buku ini sangat simpel dan bisa membuatku tersenyum-senyum kegirangan seperti anak kecil. Belum lagi diakhir cerita setelah Billy mendapatkan hadiah dari raja, sepertinya aku juga ingin memiliki apa yang Billy dapatkan. Roald Dahl sering menyisipkan cerita tentang coklat dan permen, karena beliau senang sekali dengan kudapan itu. Buku ini sangat tipis dan bagus untuk diceritakan kepada anak dan adik-adik kita, karena luas sekali imajinasi yang bisa digambarkan dari cerita simpel dalam buku ini.
Karya Roald Dahl akan menjadi bagian dari koleksi buku anakku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s