[Bicara Buku] Reclaim Your Heart by Yasmin Mogahed

​Judul: Reclaim Your Heart

Penulis: Yasmin Mogahed

Alih bahasa: Nadya Andwiani

Penerbit: FB Publishing

Tahun: 2012

ISBN: 978-602-1687-38-3
Sejatinya kita selalu mendambakan hal-hal baik. Inilah buku hebat yg bisa menghebatkan. Reclaim your heart, rebut kembali hatimu, buku yang berisikan wawasan dan pencerahan tentang cinta, duka dan bahagia. Yasmin Mogahed menuliskan dengan pengalaman pribadinya disertai analogi yang cukup logis. Topik yang dituliskan semua berkaitan dengan sungguh segala hal mengenai habluminannas itu dilandasi dengan bagaimana habuminallah kita. 

Isi buku ini dibagi beberapa bab mengenai, Keterikatan, Cinta, Penderitaan, Hubungan dengan Sang Pencipta, Status Perempuan, Umat dan ditutup dengan kumpulan puisi. 

Tauhid adalah benang merah yang mengkaitkan topik-topik di atas, bagaimana kepercayaan kita terhadap kuasa Allahlah yang menjadikan hidup kita damai dan tentram. Ada beberapa ayat yang sering muncul di tiap topik yaitu Surat Al Baqarah 216, bahwa boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui. 

Buku ini memfokuskan pada hati, seperti yang pernah Rasul katakan jika hati rusak maka rusaklah semua tubuh kita. Buku ini menggugah dan memberikan jalan keluar dari kegundahan, kegelisahan, kesedihan, kesenderian, kebingungan yang kita rasakan. Dan buku ini memberikan pengertian bahwa hati kita ini seharusnya hanya diisi dengan Allah saja, sedang masalah dan karunia harusnya kita taruh di tangan kita saja, maka tidak akan merasa begitu sedih dan putus asa jika masalah terjadi atau karunia diambil dari kita. Dont attach anything, good or bad karena sejatinya nikmat yang kita dapat di dunia semua ada pertanggung jawabannya, sejatinya masalah yg ada itu ujian untuk mendekatkan kita pada Pemilik Diri ini. 

Ada dua hal yang saya poinkan untuk diri pribadi setelah membaca buku ini:

1. Perbaiki Salat

2. Bermesraan dengan Allah di sepertiga malam

3. Bersama kesulitan ada kemudahan. Bersama, bukan setelah. Allah Maha Baik.

Manusia makhluk yang lupa, buku ini harus ada di dekat tempat tidur, menjadi tools untuk bisa refleksi diri. Semua yg tertulis disini berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, ayat dan hadist yang dibahas pun yang sudah pernah kita tau tapi yang gampang sekali kita lupa. 

Buku ini bagus untuk seluruh muslim, hati yang menjadi cerminan diri. :))

One thought on “[Bicara Buku] Reclaim Your Heart by Yasmin Mogahed

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s