#Aliensjournal: Ala Hijab Traveller

When your weekend is not just a week end.

– Madam G

Dear you,

Ceritanya mau melancong sekilas di Kota Bandung, Kota asal almarhum Pop yang gak pake boong, asing buat gw. Apalagi Bandung sekarang setelah ramai wisata kuliner, wisata pegunungan, wisata malam *eh* dan wisata-wisati lainnya, gw hampir gak pernah ke Kota Bandung. Kebetulan beberapa bulan lalu salah satu teman ngajakin ikut acara Berkuda dan Memanah di Darut Tauhid Bandung, pesantren dan tempat wisata religi asuhan Aa Gym. Gw yang lagi kepikiran untuk pergi kemana melepas kelelahan bekerja sebagai seorang yang diemban begitu banyak tugas di divisi di kantor, why not gak gw iya-in ajakannya. Apalagi doi ngajakinnya berangkat dari Jumat malam supaya besok paginya bisa jalan-jalan sepintas di Kota Bandung sebelum berkumpul di Gegerkalong jam 1 siang.

Kami pergi naik kereta dari Gambir ke Bandung, sempat drama karena hujan deras dan teman kejebak hujan dengan babang gojeknya 100 meter dari gerbang stasiun. Perjalanan di awal alhamdulillah lancar, kami sampai Bandung jam 11 malam. Penginapan kami di Pinisi Hostel Backpacker, agak gaya kami kepingin ngerasain lagi backpackeran ala ala dengan kondisi kamar dengan 4 bunk bed, tanpa AC dan sharing bathroom wehehehe. 75k per orang broh, kan lumayan kalau untuk numpang tidur aja. Besok paginya dapat sarapan pula, well i learned about gratefully to be a muslim, karena kami bangun jam 5 subuh untuk solat lanjut mandi pagi, dimana seluruh penghuni hostel belum pada bangun, artinya kamar mandi yang cuma dua dalam hostel itu milik kami, dipakai sesuka hati. Setelah makan sarapan ala ala bule, french toast, kami langsung cus jalan kaki ke pemberhentian selanjutnya, RM Ampera. Mulai dari Ampera terkuaklah kalau gw Si Doyan Makan. “Gen aku nggak abis, kamu yang abisin ya.” atau “tenang kita punya Genis, doi punya monster untuk nampung makanan kita.” well well well bahagia kan lo kalau punya teman doyan makan, akibat laper mata lo kepingin banyak icip-icip tetap bisa bersih sama si Doyan Makan dan lo nggak merasa bersalah karena makanannya gak jadi mubazir. Yay, thanks to my monster. Gw ini Alien apa Monster? Haha whatever.

Pemberhentian selanjutnya, Alun-alun Masjid Raya Bandung, sedihnya karena cuma sedikit waktu yang kami punya, kami cuma numpang foto aja tanpa explore ke seluruh bagian masjid. Taking two and more pictures setelahnya cus ke ITB. Ini sebenarnya gak penting sih, ke ITB cuma kepingin tau ITB kayak apa, mau ngecengin anak ITB ya hallooooo yang ada Maba (Mahasiswa Baru) kali dan gak sepadan dengan tante-tante ini, karena kalaupun target kami anak ITB ya pasti mereka lagi sibuk tesis (levelnya ya yang seumuran anak pasca lah ya masa sama maba). Akhirnya kita cuma numpang solat di Masjid Salman yang sempat tenar karena ada imam Masjid yang punya suara merdu. Jadi di ITB cukuplah untuk meredakan penasaran kami, kayak apa suasana ITB itu. Lagi-lagi cuma sepintas dan kami cus ke Gegerkalong, the main post.

Karena kami telat, datang langsung disajikan materi Dasar Ilmu Tajwid, berasa TPA lagi yang belajar how to recite Quran clearly, tartil. Ke remind sih dan ternyata ada beberapa tanda yang wallahi gw gak tau fungsi tanda itu. Jadi selama ini ya terus aja dibaca tanpa bersalah. Dan sempat bikin, ya Allah Gen lo punya nyokap yang sudah khatam belajar Tajwid kenapa nggak lo manfaatin untuk berguru dengannya. Next time gw paksa nyokap untuk ngajarin tajwid. Oke. Sip.

Setelahnya solat Ashar dan Subhanallah cukup bersih ya masjidnya dan peminjaman mukena juga rapi. Gak ada tuh lemari seadanya untuk naro mukena masjid yang habis pakai. Toiletnya pun bersih dan steadily sabun. Selepas Ashar materi lagi, kali ini agak horror karena temanya tentang kematian. How death angel takes our soul from our body, how our soul live after death gitu deh. Dan yeah mendadak kangen almarhum Pop. Kalau sempat gw share di postingan selanjutnya ya. Lalu waktunya Mabgrib dan makan malam. Dan materi ketiga agak drama karena membuat sebagian dari kami gelisah dan sedih tentang menata hati atau taubat. Lagi-lagi dingatkan kalau setiap masalah yang kita dapat itu purely bersebab dari diri kita sendiri. Ntah maksiat yang kita buat atau sekedar hati kecil yang sedikit sombong. Innalillahi.

Agenda Memanah dan Berkuda itu diadakan besok pagi jadi untuk di hari pertama ini diisi dengan berbagai kajian. So 250k uang pendaftarannya dan kami dapat 3 topik materi, ongkos ke arena berkuda, sarapan, memanah dan berkuda dan makan siang. Untuk tempat tinggal kami tidur di Masjid, sekalian qiyamul lail.
Kami cukup enjoy dengan liburannya. Karena ini pertama kalinya menunggang kuda tanpa diintilin pawangnya. Dan i swear sulit banget menjinakan mereka, kuda yang gw tunggangi namanya Razib, doi tau banget lho kalau gw takut dan ragu untuk jalan jauh sama doi. Hasilnya ya Razib jadi susah diatur. Katanya kuda itu hewan perasa, dan memang harus ditunggangi dengan orang yang memiliki jiwa pemimpin, kalau sama orang kemayu kayak gw jelas lah Razib jadi ogah dan berontak, hewan seperti Razib memang butuh penunggang yang tegas. Yha masih Bhay buat gw. Tapi pas memanah, i feel like found something yang naaaah boleh nih rasa rasa Katnis di Hunger Games. Shooting biasa aja udah gaya selangit gimana kalau sambil rolling, lari bahkan berkuda. MashaAllah mimpi emang gratis sih Gen. Hehehe.

Alhamdulillah ada hal yang gw masukan lagi di list pengalaman gw. Gak bener-bener ada listnya, cuma ya something new kayak gini bikin hati dan jiwa jadi lebih cheer gitu biarpun gw nya sakit, sehabis acara di Darut Tauhid ini gak jadi jalan-jalan malah langsung pulang karena perut gak bisa bersahabat. Ya Allah paling tau kenapa gw harus cepat pulang. Karena mama sendirian. :)) bersama Mama dan Belty di rumah lebih healing sekarang.

Kalau nanti ada kesempatan untuk gabung di kelas baru lainnya, kepingin banget. Kali ini cerita biasa aja dulu ya. Berhikmah-hikmahnya kemudian. Lagi gak mood.