(Bicara Buku) Kapal Selam Mimpi dan 16 Kisah Aneh Lainnya


​Judul: Kapal Selam Mimpi dan 16 Kisah Aneh Lainnya

Penulis: Fazamatahari

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-602-03-1898-1

Tebal: 139hlm

Tahun terbit: 2015

Cetakan: Pertama
Buku ini berisi 17 cerita aneh. Kenapa Kapal Selam Mimpi dipilih menjadi judul utama buku ini? Mungkin karena dari cerita pertama ini penulis ingin memberikan gambaran seperti apa cerita-cerita yang lain. Bagi yang biasa membaca cerita Neil Gaiman, bisa dibilang agak mirip. Penulis berimajinasi dengan makhluk-makhluk yang nyata tapi aneh, seperti kuda berkaki jenjang atau naga laut dengan rumbai warna-warni. Hanya saja cerita-cerita Fazamatahari disini seperti hanya hayalan orang dewasa saja. Aku gak menemukan greget dari cerita-ceritanya. Biasanya dibalik kisah aneh ada hikmah atau pesan, tapi di dalam buku ini kurang. 

Seperti ‘Kapal Selam Mimpi’, ini cerita tentang kakek yang bosan dengan hidupnya hingga menemukan kapal selam terdampar di balik tebing, dia rahasiakan dari orang lain dan menikmati sensasi mimpi yang isinya bertemu makhluk-makhluk aneh. Sudah begitu saja. Ada 2-5 judul cerita yang sangat singkat tapi kurang mengerti maksudnya apa, cuma hayalan cuma cerita.

Sama juga dengan cerita ‘Pemilihan Umum’ ini ceritanya tentang perebutan posisi pemimpin dunia, yang satu sombong yang satu lebih sombong lagi tapi hanya begitu saja. Tanpa ada konflik. ‘Kutukan Persia’ tentang anak nelayan yang terjebak badai, dan dia berakhir menjadi pewaris raja laut. Atau ‘Si Rusa dan Si Beruang’ tentang Rusa yang berteman dengan beruang karena seringnya bermain dengan beruang dia tidak lagi makan rerumputan tapi daging, sampai akhirnya dirinya menjadi sombong merasa disegani karena berteman dengan predator. Cerita ‘Rusa Pohon Niwa’ tentang Rusa yang semasa kecil pernah bermain dengan Pohon yang hanya tumbuh 100 tahun sekali setelah itu menghilang,rusa itu sempat memakan buah dari pohon tersebut. Ketika dewasa tanduknya dipenuhi daun bercabang-cabang seperti batang pohon. Yang awalnya dia disegani karena memiliki tanduk yang kuat saat tanduknya ditumbuhi daun, dia menyendiri jauh dari kelompoknya. Tapi akhirnya dia kembali lagi dengan tanduk yang tidak dapat diubah kembali seperti normal tetapi kali itu dengan daun dan bunga-bunga kecil yang tertata rapi. 

Biarpun cerita-cerita aneh ini kurang aneh, tapi penulis sukses membuat aku yang menyukai cerita fantasi terbang menghayal. Aku punya cerita favorite, karena menurutku cerita ini yang memiliki alur yang sangat baik yaitu ‘Di Negeri Permen dan Coklat’. Penulis tidak cukup jelas menggambarkan seperti apa tokoh utamanya, manusia kah atau makhluk aneh kah. Yang jelas ada 3 fase tentang kehidupan di cerita ini, fase anak-anak yang tinggalnya di negeri Permen dan Coklat lalu ketika mereka remaja mereka berpindah ke negeri Peralihan dimana anak-anak hanya sesekali memakan permen dan coklat sesekali bermain-main, dinegeri Peralihan mereka banyak bertanya tentang hidup dan masa depan sebelum mereka akan berpindah ke negeri Orang-orang Besar yang semuanya berasa monoton dan serius. Yang aku suka ada dua tokoh disini tokoh utamanya perempuan dan menemukan teman diskusi di negeri Peralihan seorang anak muda. Mereka bertukar pikiran sebelum akhirnya bersama-sama memasuki Negeri Orang-orang Besar. Saat perempuan mengintip negeri Orang-orang besar dia melihat Pangeran yang gagah dan tampan, sedangkan seorang anak muda sudah pernah memasuki negeri Orang-orang besar. Saat mereka berdua memasuki negeri itu bersama, ternyata anak muda itu berubah menjadi Pangeran dan semua yang melewati gerbang Negeri Orang-orang Besar berubah menjadi berpenampilan dewasa. 

Dalam buku ini ada beberapa ilustrasi yang lumayan bagus dan dibuat oleh penulis sendiri. Kurang begitu rekomen untuk yang senang berfantasi tapi menginginkan kisah yang bermakna. Sekali lagi cerita-cerita aneh di dalam buku ini hanya berkonten cerita kurang hikmahnya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s