Yang Terluka

Dear you,

Beberapa hari lalu mengalami kejadian yang mengingatkan aku ke beberapa tahun lalu saat bekerja dengan pemimpin muslim yang karakternya kurang Islami. Aku selalu menangisi kelakuannya, bagaimana gak setiap hari gak absen solat apalagi selalu tepat waktu dan jamaah tapi senang menzalimi orang, senang membuat hati orang merasa terluka ntah dengan perkataannya atau keputusan yang dibuat. Dan aku selalu gak bisa terima itu, mereka muslim. Dan sekarang terulang. Bukan hanya aku yang menilai, orang-orang lain setim pun begitu, sama.

Sampai akhirnya aku baca buku Dalam Dekapan Ukhuwah, pas banget topiknya.

… sembuhkanlah luka kita. Apalagi jika kita merasa terluka oleh orang-orang salih dan para insan beriman. karena luka itu bisa memicu kebencian kita pada iman dan keshalihan. Seperti yang terjadi pada Abdullah bin Ubay dan orang-orang munafik. Maka jangan pernah melupakan doa yang diajarkan Allah pada kita, “dan janganlah Engkau jadikan rasa ghill di hati kami kepada orang-orang beriman, wahai Rabb kami. Sesungguhnya Engkau Mahalembut lagi Maha Penyayang.”

Melenyapkan perasaan tak nyaman pada sesama peyakin sejati dengan doa itu menjelang tidur, telah membuat seorang sahabat tak dikenal yang amal-amalnya sama sekali tak istimewa, dijaminkan surga oleh Rasulullah pbuh.

Dalam dekapan ukhuwah, jadilah orang yang mau berubah, mampu menerima kegagalan, bersedia membahas persoalan, bisa belajar dari orang lain, dan siap melakukan sesuaty untuk mengatasi masalah.

Inalillahi, aku gak mau ketidaksukaan ku kepada orang beriman membuat amalanku gak diterima Allah. Semoga Allah melimpahkan (lebih) banyak kesabaran. Wallahu alam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s