Belajar Bahasa Bareng Yuk

Dear,

Di awal tahun ini aku punya kegiatan baru, mengajar bahasa Korea level basic. Level untuk orang-orang yang benar-benar masih ‘buta’ bahasa Korea. Dengan modal nekat dan beberapa materi yang aku dapat dari belajar otodidak, les privat dan khursus di KCC aku beranikan untuk apply sebagai tutor. Lewat komunitas @faktabahasa_dpk aku bisa berbagi pengetahuanku tentang bahasa Korea dengan 14 orang teman baru.

23o_jYYL

Awalnya aku mau gabung karena ingin belajar bahasa Arab. Tapi karena ditanya bisa bahasa apa, dengan sok iya, aku jawab Korea basic. Aku pikir fakta bahasa Depok sudah punya tutor Korea, tapi mereka bilang, sama sekali tidak ada tutor untuk bahasa Korea. Oh okay. Awalnya aku iyakan, dan tetap mengambil kelas Arab, tapi sayangnya kelas Arab di hari yang sama. Jadi dengan hati tetap senang, aku terus terima tawaran sebagai free tutor bahasa Korea basic.

Awalnya orang tuaku nggak setuju karena mengajar tanpa dibayar. Tapi niat ku mengikuti ini satu, melatih keberanian ku untuk mengajar, dan memperlancar bahasa Korea basic ku karena sudah 2 tahun semenjak aku berhenti menyukai dunia K-Pop aku tidak pernah lagi menyentuh buku bahasa Korea. Modal nekat, definitely yes.

Kelas ditentukan oleh tutor masing-masing bahasa. Aku memilih hari Sabtu jam 2 siang. Saat itu aku lagi jobless, sebelum menentukan jam belajar aku memikirkan seandainya sudah bekerja maka waktu belajar siang setiap hari Sabtu ide yang bagus. Kalau pagi bisa telat bangun karena kerja lembur di hari Jumat, kalau kelas ditetapkan hari Minggu oh no, it’s my family time or at least my quality time with my room, bedroom and home. 🙂

koreaklas

(susana belajar Kelas Korea basic)

Karena kita komunitas yang tidak memiliki base camp, jadi kita gunakan perpus pusat UI lantai 4 untuk kegiatan belajar mengajar. Agak kesulitan awalnya karena belajar bahasa yang memiliki tulisan sendiri seperti Korea tidak ada papan tulis untuk mengajarkan ke mereka sulit rasanya. Tapi karena anak-anak aku minta mengkopi satu buku belajar bahasa Korea level 1, jadi nggak begitu kesulitan.

Muridku ada 14 orang, tapi seringnya yang datang bergantian, tidak pernah lengkap. Mayoritas mereka mahasiswa, ada yang kerja ada juga yang masih SMA. Komunitas Fakta Bahasa Depok memang memakai perpustakaan Pusat UI, tapi anggota/peserta nya orang umum, bukan mahasiswa UI. Untungnya perpustakaan bisa dikunjungi oleh siapa saja. Sangat membantu kami untuk belajar, karena kami sendiri tidak memiliki tempat khusus.

BkgA7_BCIAA_aAT

 

(bersama muridku, nggak full-team)

Fakta bahasa sendiri punya banyak kelas bahasa, tidak hanya bahasa yang sedang banyak diminati orang seperti Perancis, Cina, Arab, Jepang dan Korea, tapi juga ada Itali, Rusia, Belanda dan tentunya bahasa Inggris. Bahkan bahasa Indonesia untuk penutur asing ada juga lho, jadi kalau punya teman bule yang mau belajar bersama kita juga bisa gabung.

Aku senang belajar bahasa, walaupun belum ada bahasa yang level expert ku kuasai. Tapi sudah ada keinginan untuk belajar bahasa Arab dan bahasa Hindi (India). Semoga terlaksana.

Semangat jangan pernah berhenti untuk belajar.

Once you stop learning you start dying. – Einstein

Ingin bergabung dengan Fakta Bahasa region Depok?

Hub. +628566345483 (dita)
Leave a Reply

