Mimpi #4

Dear,

Balik lagi aku membahas soal mimpi. Mimpi yang kali ini kalau menurut buku* yang aku baca, kalau kemarin malam itu aku berada pada saat tidur ku berada di posisi tidur REM (Rapid Eye Movement).

Jadi ada dua tahap tidur. Tidur dengan gerak mata cepat, rapid eye movement yang biasa dikenal dengan REM dan tidur non-REM. Jika kita mengalami tidur REM semua otot yang berada di tubuh kita menjadi tenang sepenuhnya, sementara irama jantung, pernapasan, tekanan darah, suhu otak dan aliran darang cenderung meningkat. Tahap-tahap tidur REM dan non-REM silih berganti sepanjang malam, saling berselang bergantian dalam 90 menit. Saat kita tertidur lelap, biasanya terjadi di malam hari dan tidur REM selanjutnya lebih menonjol saat kita akan terbangun.

Sebenarnya kalau dikatakan tidur itu mengistirahatkan aktivitas otak dan pikiran, menurutku tidak 100% benar. Karena selama tidur dan kita bermimpi, kita justru berada dalam keadaan yang tidak tenang.

Orang yang dibangunkan selama tidur non-REM biaanya bercerita bahwa dia sempat melihat gambar-gambar tidak rinci yang sangat mirip dengan kehidupan sehari-hari. Sementara orang yang dibangunkan dalam fase tidur REM, mereka melihat sesuatu dalam mimpinya, gambar-gambar dan alur cerita, tokoh-tokoh yang lebih jelas dan terperinci yang biasanya sangat berbeda dengan kejadian sehari-hari.

Sesuai dengan pengalaman, sepertinya aku lebih sering berada diposisi tidur yang REM. Tadi malam, aku bermipi aku ikut dalam suatu acara sebagai panitia/pemeran dalam pentas seni dengan 20 lebih orang berbaju merah dan tidak lama berganti pakaian menjadi putih. Bernyanyi, berjoget dan berkumpul-kumpul senang. Ada satu tokoh masyarakat di sana. Lalu aku berkenalan dengan satu orang cowok, aku lupa namanya. Tapi ada kalimat yang aku hapal “pasti mas kelahiran tahun 1987 kan?” Dan cowok itu tersenyum. Yeah ada satu cowok dalam mimpi itu yang senang memperhatikanku dan berkesempatan untuk berjoget bersama tepat di sebelah aku berdiri. Dan nggak berapa lama pindah sketsa, aku bersama beberapa orang dalam grup ke satu gubuk yang disana terdapat tengkorak yang umurnya sudah ratusan tahun, tengkorak yang katanya orang paling kurus di Indonesia tapi memiliki tulang yang besar. Aneh.

Hahaha. Selalu punya cerita yang unik ketika tidur. Semoga ada kabar gembira, segembira keadaanku disana. Aamiin. Dan ini aku dapat sebelum aku terbangun. Jadi jelas, aku mengalami tahap tidur REM saat itu. Katanya*, sebagian orang dewasa menghabiskan 20% waktu tidurnya dengan tidur REM, jadi orang dewasa memiliki cukup banyak peluang untuk bermimpi. Berarti no wonder ya kalau aku sering bermimpi aneh dan lengkap dengan ceritanya akhir-akhir ini.

Kalau kamu mimpi apa tadi malam?

*NB: Buku Menatap Punggung Muhammad oleh Fadh Djibran

Leave a Reply

