Khatam Berjamaah

Dear,

Lagi seru nih grup ODOJ gw lantaran dapet forwardan dari grup sebelah kalau ada yg resign dari grup karena dia nggak suka sistem lelang yang mungkin dinilai memberatkan, karena disini kan ODOJ dibuat untuk melatih tilawah satu juz perhari, bukan 2-4 juz perhari.

Untuk gw pribadi, masih belum stabil nih tilawah sehari satu juz. Terkadang semacam ada paksaan tapi dilalui aja. Persis sama kayak yang di bilang almarhum kakek uyut Nelson Mandela,”it always seems impossible until it is done.” Awal baca terasa berat tapi dijalani aja, bisa deh satu juz bahkan lebih.

Khatam berjamaah ala ODOJ dimana kita bacanya di rumah masing-masing bukan dalam satu majelis. Sebetulnya gw tau ini sejak Ramadhan kemarin. Tapi memang agak sangsi apa iya ada ajaran atau kisah dulu tentang rasulullah melakulan hal yang sama. Di awal ikut ODOJ bagi yang haid, mereka nggak perlu baca quran tapi sekedar dengar murotal atau baca artinya saja. Tapi aku berkomentar saat itu, apa iya bisa dikatakan hatam jika beberapa suratnya ada yang dibaca hanya artinya saja? Akhirnya peraturan diubah, juz kepunyaan anggota yang sedang haid akan dilelang/dioper ke anggota yang bersedia membacanya.

Dulu waktu kecil di mesjid rumah ada program hatam bersama, tapi dengan duduk bersamaan dalam satu majelis. Yah tapi apa bedanya juga dengan yang dirumah masing-masing ya. Sampai akhirnya tadi salah satu anggota grup menulis komentar ini,
“Khatam berjama’ah pernah dilakukan oleh rasullah dan para sahabatnya. Itu yg pernah sy terima materinya.”

Kalau ada yang tau kisahnya atau apalah yang berhubungan dengan khatam berjamaah, monggo di-share.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s