Ruang Paksa

Assalamualikum,

Sudah seminggu ini saya berhasil mengikuti program ODOJ (One Day One Juz). Sebuah ruang paksa untuk saya agar bisa membaca Quran 1 juz (10 lembar) setiap harinya. Alhamdulillah. Sebuah mimpi sejak SMA dulu bisa membaca 1juz setiap hari dengan kecepatan yang tidak menyalahi tajwid. InshaAllah.

ODOJ adalah program hasil inisiatif Organisasi Rumah Al Quran. Mereka ingin menciptakan warga yang mencintai Al Quran. Banyak muslim yang memandng remeh Quran padahal Quran adalah mukjizat yang diberikan Allah kepada Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam. Dengan program ODOJ ini kita dipaksa sembari dilatih untuk tidak menyisihkan waktu untuk membaca Quran tapi membiasakannya.

Program ODOJ ini hanya berproses dari aplikasi Chatting What’s App di smartphone. Grup WA khusus ODOJ dipisahkan antara akhwat dan ikhwan. Sekarang jumlah totalnya sudah melebihi 300 grup ODOJ yang setiap grupnya terdiri dari 30 orang. Subhanallah.

Ruang paksa ini memaksa saya untuk berazam dan berkomitmen untuk menamatkan 1juz quran sebelum tidur. Ternyata tidak memberatkan kok, apalagi untuk yng sudah lancar membaca Quran, kita hanya perlu 2jam menamatkan langsung, one shot membaca 1juz🙂.

Grup ODOJ sampai hari ini masih dibuka lho. Jika ada tertarik bisa mention saya di @PRIMEGK. Nanti akan saya carikan grup ODOJ yang masih membutuhkan anggota.

Berikut saya lampirkan rules ODOJ :

      1.Tiap anggota tilawah 1 juz/hari sesuai urutannya

 

      2. Jika sdg haid melapor ke grup di pagi hari (atau segera setelah haid dtg) agar jatah tilawahnya dapat dilelang ke anggota lain

 

      3. Batas laporan ‘done’ adalah pukul 21.00. Jika belum selesai tapi berkomitmen untuk melanjutkan di beri kesempatan hingga pukul 21.30,jika tidak maka akan dilelang untuk segera diselesaikan oleh anggota lain yang bersedia.

 

      4. Laporan disampaikan langsung di grup

 

      5. Anggota yg mendapat juz 30 bertugas untuk membaca doa khatam AlQuran

 

      6. Insyaallah tiap hari grup ODOJ kita bs mengkhatamkan Alquran.

Rules diatas adalah rules umum ODOJ yang sudah ada. Grup ODOJ saya mendapat nomor grup 254. Memakai rules diatas, tapi kami menciptakan rules tambahan, untuk yang sedang haid bisa membaca artinya saja, tapi tetap juz nya dilelang. Maksud lelang adalah menawarkan kepada kawan satu grup untuk membantu membaca juz bagiannya.

Jadi setiap hari kita khatam quran perkelompok. Dan bisa khatam quran selama 30 hari berturut-turut jika tidak ada halangan. Ide yang menarik bukan?

Saya memang berkeinginan untuk membiasakan membaca Quran sejak dini. Karena Quran bisa menjadi syafaat (penolong) di akhirat nanti. Semoga program ini istiqomah. ODOJ sendiri akan launching pada bulan Mei mendatang di Istiqlal, supaya lebih merakyat. More info, http://www.onedayonejuz.org.

Kuatkan azam untuk membiasakan diri berkawan dengan Al Quran. Wallahualam.

Salaam,

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s