Tongkat Musa

Good day to you,

Akhir-akhir ini saya sering sharing status ‘Tongkat Musa’ di status BBM. Buat kalian yg penasaran apa sih maksud dari ‘Tongkat Musa’.

Beberapa bulan lalu time line saya heboh komentar tentang tulisan @pewski yang dikasih judul Tongkat Musa. Pewski yang seorang motivator muslimah memberi ilustrasi yang baik untuk kisah Nabi Musa yang mendapat mukjizat sebuah tongkat dari Allah. Ada tiga hal yang dapat diambil pelajaran dari Tongkat Musa itu, bahwa:
“Solusi itu dekat, lakukan dengan sederhana, dan lakukan bagianmu maka Allah akan melakukan bagianNya”

Tiga hal itu yang sedang saya pelajari dan ingin sekali saya praktekan. InshaAllah, mohon doanya saya akan memulai bisnis Januari tahun depan bersama 2 sahabat saya dengan rumus tongkat Musa ini.

Lalu jika kalian masih penasaran, apa hubungan dari tiga hal itu dengan cerita Nabi Musa?
Begini.

1. Solusi itu dekat
Ketika Musa dikejar Firaun dan kaumnya, Musa tidak mencari hal-hal amazing untuk menghindari kaum Firaun tersebut. Ternyata solusinya sudah Musa miliki, yaitu tongkatnya, yang kemana-mana selalu dia bawa. Dekat bukan?

2. Lakukan dengan sederhana
Tongkatnya yang merupakan mukjizat sekaligus solusi untuk menghindar dari kejaran Firaun, hanya diminta Allah untuk diketukan. Dengan cara yang sederhana, hanya mengetukan ke tanah. Bukan diminta untuk diukir dulu tongkat, diputar-putar layaknya pagelaran sirkus, dibentuk macam-macam. Hanya diketuk, sederhana bukan?

3. Lakukan bagianmu, maka Allah akan melakukan bagianNya.
Ini berhubungan dengan seberapa kita percaya sama pertolongan Allah. Tidak pakai komentar, Musa diminta Allah hanya mengetukan tongkat ke tanah. Sebelumnya dia tidak bertanya, ” yakin nih Allah? Yakin bisa? Tongkat tua begini? Cuma dikutuk-ketuk ke tanah lagi bisa apa?” Tidak. Musa nggak komplen sama sekali. Dia melakukan bagiannya dengan mengetuk tokat ke tanah sesuai perintah Allah, dan Allah melakukan bagianNya dengan membelah lautan menjadi dua. Subhanallah, segala puji bagiNya.

Jelas sekali, ketika kita desperado. Banyak dari kita ternyata yang mendapat solusi dekat, mungkin lupa masukin infak yang banyak ke kotak amal mesjid depan rumah, mungkin lupa silaturahim sama sahabat lama. Atau buat saya nih yang susah move on *ceritanya* mungkin yang namanya ada di lauh mahfuz ternyata tetangga saya, teman waktu kuliah, waktu SMA, ngapain repot-repot pertahanin yang jauh. Hhehe.

Semoga kita bisa mempraktekan Tongkat Musa ini dikehidupan kita ya, teman. Nggak perlu yang ekstrem untuk aksi pertama. Buat yang mau bisnis juga bisa jadi rumusan, nggak usah yang heboh karena sudah banyak buktinya kripik aja bisa jadi bulan-bulanan warga twitter, aksi sederhana. Cuma butuh kepercayaan aja kalau Allah nggak tidur.

#notetomyself

Please make dua for me and my family. Saya baru sembuh dari demam tinggi. Dan mohon doanya semoga trip ke negeri tetangga nya lancar, tembus sponsor jadi bisa gratisan dan kegiatan di sana juga lancar. Aamiin tsumma Aamiin

.: my room at 17:07 :.

Posted from WordPress for BlackBerry.

One thought on “Tongkat Musa

  1. Pingback: Move On | @PRIMEGK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s