Jangan Mengeluh

Bersyukur bisa menggunakan internet, ber-surfing ria, hampir jarang bosan, paling terhambat karena masalah waktu. Karena tidak mungkin surfing seharian, kulit hitam, jari-jari mengeriput. Jelas yang berlebihan tidak baik.

Surfing siang ini berlabuh pada beberapa blog. Entah kenapa akhir-akhir ini senang menelusuri kehidupan orang dari cerita pada blognya. Sampai akhirnya bertemu satu blog dengan satu artikel, ‘Jangan Mengeluh’.

Bukan mau sok alim, jelas masih jauh untuk disandangkan gelar itu. Tapi selalu saja hati tergerak untuk mendalami agama yang sudah saya anut selama 24 tahun ini. Islam bukan hanya seindah artinya yang dalam bahasa Arab adalah selamat. Lebih dari itu, Islam mencegah, menjaga juga mengobati.

Manusia diciptakan dengan nafsu. Selalu ingin lebih dari apa yang dimilikinya, dan itu fitrah. Sehingga fitrahnya pun manusia sering mengeluh. Tapi Allah berkata dalam Kitab-Nya.

“Tidak ada suatu kata yang diucapkan melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (Surah Qaf: 8)

Dan yang saya baru tahu, siapa malaikat yang mengawasi dan siapa yang selalu hadir. Raqiib adalah malaikat pengawas dan Atiid yang selalu hadir. Terus kenapa? Ingat lagi tugas mereka, Raqiib yang mencatat amal baik dan Atiid yang mencatat amal buruk. Berarti Atiid lah teman kita selama hidup. Kemana kita pergi dia selalu membersamai, kecuali ke kamar mandi tentunya. Wah, ilmu lagi.

Dan seorang ulama bilang:

Jika engkau mengeluhkan (kondisimu) kepada anak Adam maka sesungguhnya engkau sedang mengeluhkan Allah yang Maha Penyayang kepada anak Adam yang bukan penyayang. Astaghfirullah.

Diingatkan lagi. Allah selalu on time, kita tinggal menunggu dan percaya, Dia memilihkan waktu yang tepat.

#notetomyself

Source: Muhajirin Anshor

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s