Skripsweet vs Skripsh**

Dear,

Depok dan Jakarta seminggu ini dibasahi air hujan yang bukan dalam volume yang besar sih tapi sering, sampai-sampai menggenang diberbagai wilayah hingga banjir. Kalau hujan sebagian orang lebih suka bermalas-malasan, begitu juga saya. Saya kerap tidur ketika hujan datang atau membuang-buang waktu dengan main game/nonton drama/mendengarkan musik nggak jarang saya juga suka menyanyi-nyanyi gejeh (nggak jelas) di dalam kamar. Tapi sebagian orang lainnya senang memanfaatkan hujan untuk membaca buku, ngopi-ngopi bareng anggota keluarga atau terkadang hujan membawa inspirasi bagi mereka yang hobi menulis, hobi menggambar, hobi lain-lainnya.

Di hujan siang ini, saya akan berbagi tentang persiapan menuju skripsi dan sidang. Itulah mengapa judulnya pun frontal saya tulis, skripsweet vs skripsh**. You know lah, apa makasudnya. Ceritanya karena saya Alhamdulillah kemarin bisa lulus dalam ujian sidang dan mendapatkan bimbingan dari dosen yang super MOM. Kenapa super mom, karena dari awal bimbingan beliau memberikan masukan dan tips mengenai skripsi dan sidang juga selalu memotivasi sampai memuji saya padahal saya melakukan hal kecil bukan hal keren, ibu banget deh. Saya nggak mau menahan ilmu yang diberikan dosen saya itu. Kali ini saya akan beberkan tips dari dosen saya.

Buat kalian yang sedang menyusun skripsi, simak baik-baik ya. Begitu juga untuk kalian yang sedang menyusun laporan magang. Check this out guys.

{Topik Skripsi}

Pastinya sebelum tau mau nulis apa kita harus cari-cari referensi topik yang pas untuk dijadikan tema skripsi. Kalian bisa melihat situasi yang sedang terjadi disekitar atau kalian mengacu kepada hal-hal yang memang sudah dibuat penelitian sebelumnya. Dimana kalian bisa mendapatkan itu? Coba deh cari di kumpulan jurnal luar negeri atau gampangnya ke perpustakaan kampus dan cari referensi topik-topik yang menarik minat. Kalau punya kenalan dosen, coba diskusikan dengan dosen itu siapa tau bisa di-tag dosen itu sebagai dosen pembimbing kita nanti.

{Outline Penulisan}

Kalau sudah oke dengan topik/tema serta sudah ditentukan judul yang pas. Nah pastinya harus buat otline penulisan maksudnya peta untuk menentukan apa aja langkah-langkah selanjutnya sebelum akhirnya kamu memulai untuk menulis proposal. Soal ini, pengalaman pribadi, saya tidak melakukannya. Tetapi jika kamu tipe orang yang senang detail atau gampang losing control alias bingung, mungkin ini langkah yang sebaiknya dilakukan.

{Teknis Penulisan}

Sudah buat peta dan gambaran kira-kira selanjutnya kamu mau menulis apa? Oke lanjut ke teknisnya. Dosen saya menuntut saya untuk baik dalam menulis apalagi masalah skripsi. Kita nih yang sdh biasa menulis disingkat-singkat yg suka lupa sm bhs Indonesia yg baik dan benar (eh jadi ikut disingkat-singkat). Lebih baik perhatikan SPOK. Ini penting karena skripsi itu karya ilmiah, bukan yang seenak udel diposting pada blog atau buku diary. Jadi gunakan kalimat aktif: S-P-O-K. Hindari kalimat panjang (awalnya saya sering melakukannya), setiap kalimat tidak boleh lebih dari 20 kata. Dan harus bisa ni memadu padankan kalimat dan paragraf. Tiap kalimat dalam paragraf harus terkait ya.

Selain itu, biasakan langsung mencatat sumber setelah menulis kalimat yang kalian quote. Dan setiap menyuguhkan tabel/gambar, jangan lupa diberi penjelasan singkat mengenai tabel/gambar dalam paragraf sebelum/sesudahnya ya. Soal kata-kata sesuai dengan ejaan Indonesia yang baik dan baku, ini juga penting. Kalau kalian ragu dengan kata yang kamu tulis, kamu bisa gunakan kamus besar bahasa Indonesia online, googling aja. Misalnya, bukan analisa tapi analisis, bukan kuisioner tapi kuesioner.

Menganai abstrak, maksimal kata sebanyak 250 dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Isinya mengenai latar belakang, metode, hasil, manfaat penelitian dan kata kunci minimal 3. Untuk yang masih cetek bahasa Inggrisnya seperti saya, jangan tergiur aplikasi google translate, bukan apa-apa, google translate sering ngaco. Tapi sebenarnya kalau SPOK kalian sudah benar terkadang men-traslate dengan google hasilnya benar lho. Lalu kenapa semua itu penting? Karena hal ini memudahkan dosen pembimbing kita ketika mengkoreksi tulisan kita dan mengurangi beban pasca sidang.

{On Process}

Penulis itu selalu dihantui kemalasan, kebingungan, dan kebosanan saat menulis. Tapi sebenarnya hanya ada satu tips ya itu KEEP WRITING. Ini bener lho, ketika sekalinya kalian memulai coba untuk menjauh dari yang namanya berhenti menulis, karena kalau sudah berhenti kalian bisa malas, lupa dan akhirnya terbengkalai deh. Saya bukan yang tipe keep writing, tapi saya juga punya tips bagaimana meng-control diri agar keep writing itu tetap dilakukan. Beri tahu teman, saudara dan kerabat mengenai deadline tulisan kamu. Atau buat perjanjian dengan dosen pembimbing, misalnya setiap minggu harus ada waktu bimbingan apapun kendalanya data harus ada yang tambah. Dan seandainya kamu merasa stuck untuk mengolah data literatur yang banyak, kamu bisa mencicil membuat bagian cover, ucapan terima kasih, membaca ulang apa yang sudah ditulis, mengkaji ulang materi dari jurnal-jurnal. Pokoknya jangan sampai jauh dari topik skripsi kamu, nanti malah kelupaan deh.

{Sidang Skripsi}

Sudah oke, dapat tandang tangan persetujuan kalau kamu diizinkan untuk mendaftar sidang oleh dosen pembimbing. Ini Saatnya kamu siap-siap fokus pada sidang. Ayo dibuat slide presentasi hasil sidangnya. Slide sidang berisi, agenda presentasi, latar belakang penelitian, rangkuman studi literatur, analisis (porsinya paling banyak) dan simpulan serta saran. Dan nggak cuma itu persiapannya, yang namanya slide presentasi pasti menggunakan power point berarti kamu harus sajikan yang pokok-pokok aja. Kalau bisa slide disajikan dalam jumlah 25 slide, tidak perlu banyak-banyak kecuali memang penelitian kamu rumit dan butuh banyak penjelasan. Gunakan visualisasi yang menarik supaya nggak bosan dipandang dan sidang jadi tidak kaku.  Dan satu lagi, apa yang kamu sajikan dalam slide harus yang kamu mengerti semuanya, karena ada beberapa dosen penguji yang tidak membaca hasil skripsi kamu, dia hanya melihat dan bertanya dari slide yang kamu sajikan dan tentunya kamu harus bisa menjawab dan meyakinkan.

Lalu bagaimana sikap kita saat di dalam ruang sidang, ruang sidang adalah kandang macan? Ah nggak juga. Kamu harus tenang, go with the flow aja. Persiapan harus lebih matang, nggak cuma slide tapi harus menguasai materi karena dosen hanya akan menanyakan seputar skripsi kalian. Dan jaga sikap, kalau kamu menjawab dengan nyolot dosen pun akan nyolot ke kamu.

{Berdoa}

Yang ini sebenarnya yang paling penting. Bagi kalian yang beriman/beragama pasti tau kalau setiap gerak gerik kita ada yang menyimak dan ada yang mengatur. Kalau kamu percaya jodoh itu di tangan Tuhan, kamu juga harus percaya bahwa kesuksesan kalian pun nggak cuma dari hasil kerja keras kalian tapi juga datang dari karunia Tuhan. Nggak ada yang namanya kebetulan karena pasti Tuhan lah yang mengaturnya, nggak ada yang namanya keberuntungan karena pasti hal itu datang dari persiapan yang kita lakukan sebelumnya. Mintalah doa kepada orang tua, teman, guru dan orang-orang baik lainnya sebelum maju sidang. Karena doa adalah senjata bagi orang yang beriman. Ketika kita meminta kepada Tuhan apa yang diinginkan dan kita sungguh-sungguh pasti akan ada jawabannya dari Tuhan.

{Action}

Nah sudah menyimak tips-tips diatas? kalau begitu mari langsung dipraktekkan. Kalau bisa dipraktekkan pasti skripsh** akan berubah jadi skripsweet. Percaya deh, apalagi dengan iming-iming kelulusan, sarjana, seharusnya sih lebih bersemangat. Ayo produktif, semoga skripsi kalian lancar ya dan hasilnya bermanfaat. Happy writing!

Make the most of yout life. Do what is right and do it often. Be the change you want to see in the world. Learn something new every day.

pic source: http://mizukawa-kun.tumblr.com

Advertisements

One thought on “Skripsweet vs Skripsh**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s