RUNNING MAN atau #RONNINGMAN

한국어 동아리의 게임! 론닝맨 (Korean Language Community’s Game! RONNING MAN)

Dear,

TODAY IS SUCH A HAPPY DAY, ALHAMDULILLAH. Serius, lo tau kan Running Man? Okay, salah, buat yang suka Korea-korea-an lo tau kan Running Man? Betul, yang ada Yoo Jaesuk nya, yang lari-larian, yang gamesnya diwarnai drama-drama epic antar pemain itu.

Hari ini bareng teman-teman dari @hangugo_dongari (HD) gw main Running Man (RM).. Yah biarpun nggak sama persis tapi sebelas-duabelas lah sama yang asli. Mudah-mudahan ini adalah permainan parody RM pertama yang diadakan di Indonesia sehingga kegiatan hari ini bisa jadi trend setter buat pecinta RM lainnya hhhhh.

RM versi HD ini diset semirip mungkin, mulai dari logo sampai hukuman. Lokasi games itu disekitar Boulevard UI sampai ke taman dekat Perpustakaan Pusat UI, dan yang ikutan khusus anggota HD. yah, anggaplah ini seperti tim building, karena kita juga jarang banget buat main bareng kayak begini.

Gw bukan mastermind dibalik semua ini, tapi (alhamdulillah) gw juga berkontribusi dalam games RM ini. Serius berasa kayak ospek lagi, malam sebelum acara gw sibuk cari pertanyaan, gunting ini itu. hhhh curhat. Ide berawal dari Ron (ketua HD) bersama-sama Afif yang sering ngobrol dan pasti ide ini awalnya dari random ngalor-ngidul. Singkatnya, mereka berdua ngajak semua anggota HD untuk ikutan main dan terbentuklah 6 PD-nim (panitia) juga 20 orang pemain yang dibagi jadi 5 tim.

Games-nya simple, karena kita hanya memarodikan jadi kita kondisikan dengan tempat dan permainan dibuat supaya bisa dimainkan semua anggota. Boleh gw kasih gambaran yah, ini mungkin bisa jadi tambahan ide buat kalian yang mau bikin tim building/sekedar have fun bareng keluarga, geng dll. Gamesnya dibagi jadi 5 pos:

Pos 1, tiap kelompok harus cari nametag (karena ini ciri-ciri RM asli). Setelah itu,foto dengan barang apapun yang warnanya sesuai sama warna tim.

Pos 2, dari 4 anggota tim, 1 orang memberikan pertanyaan, 2 orang berlari memakai 1 celana untuk menyampaikan jawabab, dan 1 orang menulis jawabannya.

Pos 3, tiap tim harus bisa memasukan 4 jarum ke benang yang lumayan panjang dengan batasan waktu, jika 실패 (gagal) maka dilakukan lagi sampai (성공) berhasil.

Pos 4, tiap tim berbaris membelakangi, karena 1 orang diujung akan menyampaikan 1 peribahasa dengan menggunakan isyarat tubuh supaya 1 orang diujung lainnya menebak apa peribahasa itu.

Pos 5, ini pos terakhir dan pos yang paling seru. Awalnya 3 dari setiap tim akan ditutup matanya dan tangannya akan diselotip, 1 yang lain akan disebar kepenjuru lokasi supaya bisa dicari oleh teman-temannya yang ditutup matanya. Cara bagaimana? 1 teman yang disebar itu, harus teriak sambil menyanyikan lagu yang sudah disiapkan, teriak sampai 3 temannya mendekat.

Ah ya, di masing-masing pos tim akan diberikan 1 clue untuk menjawab satu gambar diakhir games. Nah, disini nih, barulah RM yang sebenarnya, ini juga ciri-ciri dari RM asli… Karena… disini kita mulai untuk saling merobek name tag tim lawan. Di salah satu name tag itu ada clue utama utk menebak gambar…

Disini nih, teman-teman sedikit meng-copy apa yang RM asli lakukan, beberapa tim bergabung untuk berkoalisi merobek nametag tim yang lain. Seru banget, bahkan dari games di pos 5 ini, gw menemukan Kook Jong yang larinya cepat&gesit, Jihyo yang lain dimulut lain dihati (halah) dan Easy Brothers yang gampaaang banget untuk dikerjain versi ala ala HD. Dan setelah berhasil pastinya buat yang nametagnya dicabut pertama & dicabut kedua, dapet hukuman. Hukumannya seru, bikin MALU iya, karena mereka harus pakai ninja-ninjaan dari sarung dan foto dengan siapapun (yang nggak dikenal) di perpustakaan pusat UI. Yah, kalo gw jadi yang kalah juga akan dijabanin semua, karena ini kah cuma untuk having fun

Biarpun gw cuma sebagai PD yang nggak ikutan lari-larian, tapi gw seneng banget karena udah mimpiin untuk main RM di sekitar perpus UI dari awal-awal perpus UI dibangun. Tempatnya tuh asik banget buat lari-larian, luas, tapi karena belum bisa meminta izin/menyewa perpustakaan UI jadi kita main disekitarnya aja. Dan ini adalah salah satu #YesYouCan moment yang berawal dari ‘seandainya’, karena ketemu sama yang namanya Ron, Afif, Dean, Gilang, Kak Luci dan komunitas HD jadilah mimpi gw terkabulkan.

Thank you guys, akhir-akhir ini gw lagi sering ‘galau’ tapi bisa dibikin happy sama RM ini… Next time, bocoran, kita ada ide buat bikin RM yang perserta/crew-nya nge-recruite orang luar HD. Supaya bisa lebih mirip sama RM yang asli, crew yang banyak, property yang cukup untuk mobile, ada VJ yang mendokumentasikan acara dan venue yang lebih DAEBAK. Doain ya dari tempat kalian duduk sekarang :)) Siapa tau bisa jadi project nasional untuk mendatangkan RM ke Indonesia~ KARENA SEMUA BISA BERASAL DARI MIMPI.. Hug satu-satu anak-anak dongari… Ini nggak cuma sekedar having fun ya, semoga 1 semester ini kita lebih solid^^ 화이팅!

NB.

Ronning Man, RM versi dongari itu asalnya dari si yang membawa ide main RM, Ron.. Jadi, dibuat plesetan RONNINGMAN. Tapi oke juga, pas banget^^

Advertisements

2 thoughts on “RUNNING MAN atau #RONNINGMAN

    • Hai stefen,

      simple, pakai kertas putih ditempel di karton dan dipeniti supaya nggak gampang copot/jatuh. tapi sebenarnya lbh enak kalau kaos2 pemain dibordir/jahit dulu dengan bahan tempelan seperti yang ada ditas-tas jinjing yang biasa jadi souvenir seminar2 hhhee…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s