How Can We Become A Kpop Lover?


Dear all,

How you doin? Great? Mulai lagi ada yang akan gw bahas malam ini… Padahal bulan ini gw menetapkan untuk HIATUS (cuti) Korea-koreaan, yang nggak cuma cuti meratiin news, browsing macem-macem, nonton drama, variety, anything lah yang judulnya Korea~ Tapi emang kpop mendarah daging di diri gw, gw GA BISA LEPAS dari itu, khususnya MUSIK.

Gw nggak ngebahas asal muasal gw suka K-Pop, boring! Mending kita bahas sesuatu yang mungkin bisa mewakili lo semua yang sekarang berubah haluan jadi addicted to’ K-POP. Ga penting lah gw suka K-Pop sejak kapan, mungkin selama apapun gw suka K-Pop kalau dibandingkan dengan tingkat kefanatikan dan tingkat kesejatian K-pop (musik, variety, performance, gossip) kalian, PASTI gw kalah …

Tapi ada yang menarik nih, gw termasuk orang yang nggak terlalu pilih-pilih soal denger lagu, gw suka jenis musik apapun, dari artis kayak apapun. Cuma terkadang, ada artis yang gw favoritin ternyata pas come back, mereka bawain lagu yang kurang bisa diterima sama kuping gw.

Soal selera musik itu kan lebih ke feel yah, jadi kadang sama artis terkenal yang menang award pun gw suka nggak setuju kalau lagu mereka dibilang bagus, karena gw suka menilai lagu dari feel gw, bukan orang lain… Entah egois atau gimana, terkadang gw susah buat dikasih rekomen, gw lebih suka mengeksplore musik sendiri, abis itu gw sharing deh kalo musik A, B, atau C ini nice to listen.

Langsung ke intinya deh, udah malem…

Kpop berkembang banget, ibaratnya kalau K-Pop itu MLM, waaaah jadi konglomerat deh itu sesepuh yang udah lama suka K-Pop, downline nya bercabang seribuuuuu++. Hehehe. Yang tadinya denger Chris Brown bisa beralih ke Big Bang, yang tadinya suka Bruno Mars, beralih ke 2AM. Yang tadinya suka Niki Minaj bisa juga suka sama 2NE1, yang tadinya suka sama Rihana bisa beralih ke Sistar. Pokoknya sekarang anak gaul mana sih yang ga tau lagu K-Pop. Jamin deh pasti semua ngerti, at least tau Nobody nya Wonder Girl, ya kan?

Kalau diperhatiin nih, banyak banget cara menuju K-Pop, maksudnya beralih dengerin lagu K-Pop. Dari mana aja? Simak tulisan gw^^

{Musik Pop yang Kebarat-baratan}

Itulah kenapa Agnes Monica (ups! Kesebut) maunya go International ke Amrik, karena emang musik Amrik itu dinilai paling tinggi derajatnya dibanding musik lain. Penyanyi-penyanyi yang sukses di Amrik itu sering ada dideretan orang berpengaruh di dunia, ya kan? Untuk K-Pop kita pasti ngerti banget kalau lagu mereka kebarat-baratan. Contoh aja Big Bang dan 2NE1. Ga Cuma packaging tapi musik mereka ke arah sana. Beberapa lagu yang gw denger juga ada yang mengingatkan gw dengan lagu western (re. Intro Rihana – We Found Love dan B2ST – Freeze, siulan Maroon 5 – Move like jagger dan Hyunseung/Hyuna – Trouble Maker). Bukan maksud gw mau bilang klo K-Pop meniru barat, nggak! Tapi mereka juga mau buat musik yang bisa disuka sama penikmat musik dari mana pun, like what American Artists did. Jadi ini bisa jadi modal buat suka K-Pop, terbiasa dengan lagu western, bisa juga terbiasa dengan lagu Korea. Toh bedanya cuma bahasa… Ga masalah.

{ Packaging Music Video (MV) yang AMAZING}


Gw perlu acungin jempol semua pembaca artikel ini buat sutradara/produser MV Korea. Emang ada sih MV terpanjang sebelumnya (re. Kanye West – Runaway), tapi artis Kpop membuat gebrakan lain. Ada yang MV nya 16 menit tapi bersambung, yang 2 lagu tapi 1 MV, yang satu album dibuat MV nya, yang sekali come back ngeluarin 3 MV. Wah, manteb deh. Belum lagi jalan ceritanya menarik, trus setting-annya itu manteb. Kalo pun lo belum tertarik waktu hanya dengerin lagu, tapi lo bisa jadi suka sama K-Pop itu karena MV-nya. Gw alami yang kayak gini.

Ini beberapa MV favorit gw, BOM – You and I, 2NE1 – Go Away, Tablo feat Taeyang – Tomorrow, T-Ara – Cry cry, B2ST – I Like you the Best.

{Performance Live K-Idol yang WOW}

Yang suka K-pop pasti ngerti soal masa training. Kalau sebelum mereka ada di tv, mereka mesti ikutin yang namanya audisi, bahkan ada yang sampe 7 tahun training baru jadi artis. Mungkin ada juga yang malah gagal jadi artis. Mereka dilatih supaya ketika performance live, bisa atur nafas karena mereka nyanyi sambil dance. Mungkin ada case diantara kalian, yang kurang sreg sama lagunya, nonton MV-nya juga nggak bisa suka sama lagunya, tapiii pas nonton performance mereka, lo langsung jatuh cinta dan malah nge-replay terus lagu itu tiap waktu. Apalagi sekarang tiap kali K-Idol come back, performance nya dibuat versi MR. MR itu maksudnya Music Remove, minus one nya di hapus, cuma suara artis aja yang kedengeran, jadi kalian bisa tau seberapa hebatkah mereka nyanyi sambil dance waktu performing.

Contoh salah satunya yang menurut gw bagus, SHINee – Sherlock. Dengan dancing yang super ribet tapi suara mrk tetep stabil. ^^

{K-Idol yang Mengisi Soundtrack Drama}

YAKIN. Pasti ini jadi case yang pernah kalian alami. Inget banget waktu jamannya BBF (Boys Before Flower) tayang di tv kita, banyak orang yang ngeh dan pengen tau siapa itu SS501 dan SHINee. Dulu waktu jamannya Endless Love, Princess Hour, Cofee Prince tayang, pengisi soundtrack kebanyakan artis underated (indie), atau pun klo mereka terkenal juga mereka itu solo singer. Contohnya, Brown Eyed Girl (waktu msh blm seterkenal sekarang), Lyn, Wheesung, Kim Bum Su, Lim Jae Bum, J, Big Mama, Gummy. Banyak orang kita (penonton drama) cuma sekedar tau lagu nggak tau siapa penyanyinya.

Tapi makin kesini, K-Idol sering mengambil peran mengisi soundtrack di berbagai drama. BAHKAN sekarang drama-drama Korea sering dihiasi oleh muka-muka K-Idols. Jadilah, orang kita ngeh dan jadi termasuk pecinta k-pop deh.

{Jatuh Cinta dari Practice Dance Video}

Ini sih kasus gw, ga tau ya kalau kalian. Gw nggak tau asalnya dari artis mana yang pertama kali mendokumentasikan video latihan mereka dan diunggah ke internet. Tapi yang jelas, ketika gw lihat practice video B2ST yang SHOCK, gw langsung menobatkan diri menjadi B2UTY dan pindah haluan.. hahaha. Awalnya gw suka musik mereka (Bad Girl& Mystery) tapi cuma sekedar suka.Di practice video itu lebih ngeliatin gerakan dance sih, mereke jarang yang sambil latihan vokal.

Selain itu ada lagi kah? Mungkin ada hal yang missed dari pemikiran gw soal gimana kita bisa jadi k-pop loverSharing aja yah. Intinya sih, dari arah mana pun itu, mau materi lagu (lirik), musik, video klip, sampai performance… kalau yang suka sama musik pastiiii bisa banget jadi k-pop lover. Sekarang udah jarang orang yang mengernyitkan kening, underestimate sama K-Pop. Nggak lagi dipandang cowok-cowok banci, toh cowok sekarang juga banyak yang akhirnya punya style ke Korea-koreaan. Hahaha di sini gw mau in praise of KOREAN POP. Kalau kata orang korea, K-Pop itu DAEBAK! The best best best deh! Tenang sekarang kalian yang K-pop lover, temannya banyak!!!!! hehe…

Keep being creative guys, tulisan ini cuma semua yang ada dipikiran gw, kalau nggak setuju, monggo dibagi..

credit pic: my collection; as tagged

credit video : youtube

7 thoughts on “How Can We Become A Kpop Lover?

  1. kheisa says:

    Good job unnie!! sedikit menginspirasi nih buat ngerjain ujian mid semester media & kajian budaya, berhubung mw ngangkat tema kpop jd paper *lho kok malah curhat* tapi emang yg d tulis unnie benar adanya, lanjut terus ya nulis blogna, Fighting!

    • dear Khei..
      semangat2, tadinya aku jg mau ambil tema skripsi ada hub nya sama kpop tp krn aku akuntansi agak susah krn ga bisa explore kemana2… takut hasil analisisnya malah jelek haha #ikutancurhat
      banyak bgt tulisan (paper) mengenai kpop lho. search deh, aku sempet save beberapa ^^

  2. Jatuh cinta sama perform live mereka..
    Selalu kagum dengan kemampuan mereka tampil bagus dan prima setiap minggunya.. Dan juga, artis korea itu semacam 8D gitu, jadi beda2 di setiap situasi.. Unik.. Sukaa :))

    • yap.. hampir semua mrk selalu punya power saat manggung.. apa lagi b2st.. wow mereka daebak dan saaaaangat profesional LOL.. tp beneran bias sih bias tp B2ST itu the real K-Pop Idol kkkkk~
      klo ngomongin soal 8D brarti udah melebar ke variety/ talk show yah… banyak jg org yang pengen tau musik/lagu mereka karena awalnya kenal di variety show. contoh nya Daesung waktu di FO, beberapa tmn gw jadi K-popper berawal dari situ dan tau daesung itu anggota Big Bang

  3. titin says:

    Wuiidiih tulisan lo itu bener2 menyuarakan apa yg selama ini ngendap di otak gw Gen…salut deh sama uraiannya… walopun untuk pop mainstream gw gak terlalu tau krn jarang ngeksplore tapi bener banget jatuh cinta ato suka sama boiben itu bisa dari manapun contohnya gw yg suka sama boiben yg punya musik & suara bagus dan gak banyak dance..pdhl kpoper lain kan justru ada yg suka sama boiben yg jago dance suara gak karuan…keajaiban selera sungguh luar biasa..makanya agak sebel juga klo ada yg sampe perang fandom gara2 beda selera hehehe…oke deh Gen..keep on grinding..eatdosirak jjang!!! ^^

    • komawo onni…
      iya bener tuh soal fan war, lagian beda itu malah bagus toh.. klo seandainya nemu artis yg ga sreg ya udah keep in mind aja, nggak usah malah ngejelek2in.. seharusnya mengerti jerih payah idol, klo fan war kan nambah beban idolnya sendiri.
      hhh, makasih semangatnya^^

Leave a Reply

