Panduan Makanan Halal di Korea Selatan

Dear,

Di Korea susah banget dapetin makanan yang berlabel halal, jelas kalau ke restoran korea di sana nggak ada sertifikat halal yang biasa ditempel di tembok seperti beberapa restoran makanan luar negeri di Indonesia, kecuali kalau kalian ke restoran Turki, Pakistan, India atau restoran yang menjual makanan untuk vegetarian.

Kali ini gw akan ngebahas soal label halal yang ada di bungkusan makanan ringan yang di jual di Korea atau yang sudah bisa kita temukan di Indonesia. Nah yang palin gpenting nih kalian mesti bisa membaca tulisan korea (setelahnya disebut hangeul), karena semua bahan yang tertera di bungkus makanan ringan di Korea menggunakan Hangeul.

Ini dia yang mesti kamu perhatikan :

  • Lecithin (레시틴)

Kalau di bungkusannya ada tulisan레시틴aja atau diberi keterangan 동물성유지 (dongmulseong yuji), maka status makanan tersebut adalah haram karena berasal dari hewan. Jika terdapat tulisan레시틴yang diikuti dengan keterangan seperti 레시틴 (대두), 쏘야 레시틴 (ssoya lecithin) ataupun 레시틴 식물성유지 (letichin sikmulseong yuji) maka status makan tersebut adalah halal karena bersumber dari tumbuh-tumbuhan.

  • Shortening (쇼트닝)

Kalau di bungkusannya ada tulisan 쇼트닝 aja atau diberi keterangan 동물성유지(dongmulseong yuji), maka status makanan tersebut adalah haram karena berasal dari hewan. Jika terdapat tulisan쇼트닝 yang diikuti dengan keterangan seperti 쇼트닝(대두)  ataupun쇼트닝 식물성유지 (shortening sikmulseong yuji) maka status makan tersebut adalah halal karena bersumber dari tumbuh-tumbuhan.

  • Gelatin (젤라틴)

Coklat di Korea umumnya mengandung gelatinGelatin di Korea bersumber dari bahan binatang/yang tidak halal. Jadi lebih baik dihindari.

  •  Daging babi (돼지고기)

Mungkin kita nggak pernah berfikir bahwa makanan kecil semacam keripik kentang mengandung daging babi atau disebut 돼지고기 (dwaejigogi). Tetapi pada kenyataannya, di Korea, hampir sebagian besar makanan ringan semacam kerupuk mengandung daging babi (돼지고기) seperti yang tercantum dalam label kemasannya. Jadi, periksalah kandungan makanan tersebut dalam kemasan.

  • Mie instan

Sebagai turis, merupakan hal yang wajar jika seseorang berfikir bahwa mi instan adalah makanan yang paling praktis. Seperti waktu kita berlibur ke puncak, males ngeluarin kocek besar, dingin-dingin enakan makan sebungkus mi instan. Namun, untuk mi instan yang ada diKorea, hampir sebagian besar mi instant mengandung daging babi (돼지고기). Jadi, perlu diperhatikan ketika membeli mi instant karena hanya ada beberapa jenis mi instant yang tidak mengandung komponen dari daging babi (돼지고기).

Source : http://www.koresia.com/

11 thoughts on “Panduan Makanan Halal di Korea Selatan

    • iya, tapi ada alternative lain sih, berubah jadi vegetarian klo mau liburan/tinggal di korea.. krn emang jajanan disana itu mengandung itu… ga cuma dagingnya, minyak nya,gelatin nya juga T.T~

  1. adeline says:

    Salah satu caranya ya makan sayur2annya hehe… atau juga cermati tanda halal dari MUInya Korea.. ada tandanya kok di beberapa makanan kemasan korea. salam,
    Shared by Adeline.. mampir ya… saya lagi ikutan lomba blog di facebook Korea Tourism Organization Indonesia dan twitter @ktojakarta nih.. hadiahnya lumayan lho, ke korea gratis (usaha dapet gratisan)

  2. thanks banget infonya ya, kebetulan kan kalo umat muslim juga pengennya dapet makanan yang halal di Korea, secara merea kan gak bisa sembarang mencicipi makanan Korea, apalagi yang mengandung daging babi. Kalo waktu itu saya lihat restoran halalnya di fanpage Korea Tourism Organization Indonesia,, jadi sekarang ngak merasa takut deh kalo sewaktu-waktu mau ke Korea, soalnya udah ada restoran yang menyediakan makanan halal disana.

    • Yap… ada beberapa restoran di Korea yg menyajikan makanan halal. tp untuk postingan di atas, adalah tanda2 di kemasan makanan korea. seperti ciki, susu, coklat, cake, cemilan2 kemasan yang ada komposisinya..
      memang sbnrnya lbh baik klo tinggal lama di Korea jadi vegetarian aja, save… bener2 ga makan daging sekalipun. krn nggak cuma babi kan yg haram, semua hewan halal tanpa menyebut nama Allah waktu dipenggal juga haram…
      susah ya klo mau ke Korea, tp gpp, hal ini nggak menyurutkan aku utk datang ke sana~ ^^ thx for comment

  3. Nda says:

    Thank’s for your info, Insya Allah i will go to korea soon for work in gunsan, your info is worth,thank u

    • oh, baik, kalau begitu next time jika saya ada waktu untuk browsing restoran di Korea yang halal, nanti akan saya share di blog ini🙂 so far yang saya tau jenis restorannya aja, seperti restoran khusus makanan indonesia, dan timur tengah. letaknya saya lupa, tapi nanti akan saya cari dulu sumber nya
      Salam kenal~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s